Perusahaan Bisa Manfaatkan Karyawan sebagai Agen Rekrutmen

Apakah Anda ingin menghemat biaya rekrutmen? Anda bisa memberdayakan karyawan Anda. Lho, apa hubungannya? Ya, Anda hanya harus lebih mendorong karyawan Anda untuk memanfaatkan jaringan sosial mereka, dan mereferensikan orang-orang yang mereka kenal.

Sayangnya, belum banyak perusahaan yang mempraktikkan cara itu. Sebuah studi yang dilakukan oleh Capital Consulting, Inggris mengungkapkan bahwa hanya 18% (kurang dari 1 dari 5) karyawan saja yang bekerja di organisasi yang mendorong mereka untuk merekomendasikan teman atau kenalan.

Kebanyakan perusahaan selama ini telah melewatkan kesempatan untuk mendapatkan talent bagus tanpa harus membayar agen atau mengeluarkan biaya lainnya untuk rekrutmen lainnya.

Direktur Pemasaran Capital Consulting Marisa Kacary mengatakan bahwa kaum pengusaha kehilangan trik yang berguna karena tidak mempertimbangkan skema referensi formal untuk sumber rekrutmen mereka.

“Perusahaan-perusahaan yang secara aktif mempromosikan sistem-referensi sebenarnya telah membentuk karyawan mereka sebagai agen-agen rekrutmen secara de facto, menarik karyawan yang berkualitas dan menghindari biaya agensi,” ujar dia.

Kacary berpendapat bahwa kandidat yang direferensikan biasanya lebih siap dan lebih cocok dengan perusahaan dan pekerjaan, dan memiliki pemahaman bisnis yang lebih baik.
Di samping itu, karyawan yang direferensikan juga akan menyesuaikan diri dengan cepat dan cenderung lebih kerasan ketimbang karyawan yang direkrut dari agensi-agensi eksternal. Dikatakan, mereka juga cenderung lebih perform.

“Skema-skema sistem-referensi gampang dibuat dan dijalankan, menghemat biaya dan mudah dipromosikan melalui komunikasi internal. Dalam era kompetisi talent yang sangat ketat seperti sekarang, inilah saatnya bagi pengusaha untuk menggali metode paling efektif untuk menemukan orang yang tepat.”

Tags: ,