Pertamina, TAM, & UT, 3 Most Admired Knowledge Enterprise

PT Pertamina (Persero), PT Toyota Astra Motor, dan PT United Tractors Tbk akhirnya dinobatkan sebagai organisasi berbasis pengetahuan paling dikagumi di Indonesia, di ajang 2012 Indonesian Most Admired Knowledge Enterprise (MAKE) Award yang diselenggarakan Dunamis, Selasa (10/7/2012) di Jakarta. Ketiga perusahaan ini memiliki nilai teratas dalam 2012 Indonesian MAKE Study, dan secara otomatis menjadi finalis 2012 Asian MAKE Study. Pengumuman pemenang 2012 Asian MAKE Study akan dilaksanakan bulan Oktober 2012 di Seoul, Korea Selatan dalam ajang tahunan bertajuk World Knowledge Forum.

Mengenai kelebihan dari ketiga wakil Indonesia untuk 2012 Asian MAKE Study, adalah sebagai berikut. Pertama PT Pertamina (Persero), dinilai memiliki kekuatan dalam hal Continuous Improvement Program (CIP) yang merupakan budaya untuk selalu melakukan perbaikan berkelanjutan mendukung kemampuan inovasi di Pertamina. Pertamina juga memiliki Enterprise Portal Pertamina sebagai salah satu sarana berbagi pengetahuan dan knowledge databased yang dilengkapi dengan aplikasi Community of Practice (CoP), knowledge centre dan ask the expert yang mampu mempertahankan lingkungan untuk berbagi pengetahuan.

Kedua, PT Toyota Astra Motor, dianggap memiliki kekuatan di antaranya adalah adanya optimalisasi knowledge capital melalui berbagai program pelatihan baik secara konvensional maupun media e-learning dan portal. Selain itu Toyota berhasil mengembangkan program-program pembelajaran baik soft maupun teknikal kompetensi yang sistematis dan terstandarisasi untuk mengembangkan dan melatih knowledge worker.

Ketiga PT United Tractors Tbk, yang disebutkan oleh para panelis, salah satu keunggulan perusahaan ini yakni memiliki budaya yang berakar kuat yang lahir dari konsistensi penanaman corporate value yang diwarisi dari induknya. United Tractors juga memiliki knowledge champion yang mengelola tim dan knowledge leader dalam melakukan sharing secara face to face maupun virtual dengan karyawan.

Pemenang 2012 Indonesian MAKE selengkapnya adalah:

1. PT Anugrah Argon Medica
2. BINUS University
3. PT Federal International Finance
4. PT Pertamina (Persero)
5. PT Tigaraksa Satria Tbk
6. PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk
7. PT Toyota Astra Motor
8. PT United Tractors Tbk

Andiral Purnomo, Chairman 2012 Indonesian MAKE Study, menyebutkan bahwa para pemenang MAKE Study tahun ini merupakan organisasi-organisasi yang membuktikan diri sebagai knowledge-based organization. “Mereka telah berhasil mengembangkan dan mengoptimalkan knowledge yang mereka miliki sehingga mampu meningkatkan kinerja dan nilai perusahaan,” ujarnya.

Selain itu, 4 (empat) organisasi dinilai memiliki kekuatan khusus di salah satu kriteria MAKE Study sehingga layak mendapatkan penghargaan Special Recognition. Keempat organisasi tersebut adalah:

1. PT GMF AeroAsia: Special Recognition For Admirable System in Managing Intellectual Capital.

2. Pemerintah Kota Surakarta: Special Recognition For Admirable Results through Collaborative Execution.

3. PT United Tractors Tbk: Special Recognition For Admirable Initiatives in Integrating Customer Knowledge.

4. PT Daya Adicipta Mustika: Special Recognition For Admirable Initiatives in Developing & Maximizing Knowledge Focus Strategy.

 

Tags: , , , ,