Permintaan SDM di Pasar Kerja Dalam Negeri Tak Tumbuh hingga 2010

Ini kabar yang kurang menggembirakan. Permintaan terhadap tenaga kerja di pasar dalam negeri, setidaknya hingga 2010 belum akan menunjukkan peningkatan yang berarti. Pertumbuhan ekonomi belum mampu menyerap SDM yang jumlahnya sangat besar.
Hal tersebut bukan rumor yang sengaja dihembuskan untuk menakuti-nakuti atau membuat pesimis. Melainkan, peringatan serius yang harus menjadi perhatian pihak-pihak terkait, yakin bisnis, dunia pendidikan dan pemerintah.
Demikian disampaikan oleh Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan SDM Depnakertrans Tigor Sinaga dalam Indonesia Career Conference 2007 di Hotel Aryadutta, Jakarta, Rabu (13/5/07). Togor menyampaikan makalah dari Menteri Erman Suparno yang berhalangan hadir, berjudul “Market Need on Human Resource in 2007 – 2010”.
Dalam kesempatan tersebut Tigor menegaskan, bahwa departemen tenaga kerja bukanlah institusi yang menciptakan lapangan kerja.
“Depnakertrans tidak mampu menciptakan lapangan kerja, kami hanya menyalurkan tenaga kerja dan melindunginya,” tandas dia.
Diungkapkan, saat ini di Indonesia ada sekitar 95,2 orang yang bekerja dan dari angka tersebut sebagian besar menggeluti sektor pertanian dan jasa. Sedangkan sektor industri hanya dimasuki oleh 12,5 juta orang.
“Kesempatan kerja belum akan tumbuh secara signifikan, jadi diperlukan upaya dari semua pihak,” ujar Tigor seraya menambahkan dengan menyebut outsourcing sebagai alternatif untuk menyalurkan tenaga kerja ke luar negeri.
Depnakertrans sendiri, kata Tigor, senantiasa berusaha meningkatkan kualitas SDM yang ada antara lain dengan membangun kompetensi baik individu, sosial maupun profesi. “Kita menerapkan strategi dari hulu ke hilir,” sambung dia.
Dijelaskan, strategi hulu diarahkan pada usaha menjembatani antara dunia pendidikan dan dunia bisnis serta meningkatkan populasi pendidikan kejuruan. Ditambah satu lagi, apa yang disebut dengan kebijakan “3 in 1” yakni pelatihan, sertifikasi dan penempatan.
Sedangkan, strategi hilir mencoba menyediakan lapangan kerja, menggalakan gerakan nasional menganggulangi pengangguran dan membangun koordinasi yang kuat dengan instasi lain yang terkait.
Indonesia Career Conference 2007 merupakan perhelatan yang diselenggarakan oleh Binus Career Universitas Bina Nusantara, dan dihadiri baik kalangan bisnis maupun pendidikan dari seluruh Indonesia. Acara berlangsung hingga Kamis (14/5/07).

Tags: ,