Perluas Jangkauan Asia Tenggara, AON Hewitt Buka Kantor di Jakarta

Melihat pertumbuhan ekonomi yang semakin bagus di Indonesia, Aon Hewitt membuka cabang di Jakarta yang ditandai peluncuran resmi di hotel Ritz Cartlon Selasa kemarin. Acara launching ini dihadiri ratusan Praktisi HR dan Professional di Indonesia.

Gabriela Domiceli selaku Engagement Practice Leader Aon Hewitt Asia Pasifik, membuka penyajian materinya dengan topik Best Employer. Aon Hewitt kembali melakukan survei Best Employers Study 2.0 di 9 negara yaitu Cina, Hongkong, India, Indonesia, Korea, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Thailand. Penelitian global tersebut menunjukkan bahwa perusahaan perlu melibatkan tenaga kerja secara aktif untuk dapat meningkatkan keuntungan dan mencapai keunggulan persaingan yang nyata melalui sumber daya manusianya.

Studi Best Employers Aon Hewitt selama 10 tahun dilakukan dengan penelitian terhadap 6.400 organisasi dunia di mana 2.300 organisasi di antaranya berada di Asia. Untuk itu Trend Global 2012 akan mengarah kepada keterlibatan karyawan di perusahaan dan bagaimana perusahaan bisa menunjukan performa terbaiknya untuk mengurangi turn-over di dalam organisasinya.

Pemaparan dilanjutkan oleh Ripy Mangkoesoebroto selaku Chief Human Resources Officer dari AXA Indonesia. Ripy mengatakan improvement adalah langkah yang seharusnya dilakukan untuk membuat karyawan engaged.

Untuk itu, Aon Hewitt yang juga merupakan sponsor terbesar klub Inggris Manchester United melihat peluang untuk membantu HR di Indonesia dalam meningkatkan performa dan mengurangi turn over perusahaan.

“Untuk mendapatkan hasil yang bagus, sebaiknya kita berdayakan aspek yang kita punya, yaitu Empowering Health, Empowering Retirement, Empowering Talent dan Empowering HR Operation,” ujar Edouard Merette, CEO Aon Hewitt Consulting untuk Asia Pasifik. Dengan itu semua, pengelolaan sumber daya manusia akan berjalan maksimal dan performa setiap karyawan akan berdampak langsung bagi perusahaan.

Turn over Meningkat

Walaupun pertumbuhan Indonesia terbilang menanjak, namun tingkat turn-over nya masih belum stabil. “Employee turn-over sekitar 16% di Indonesia dari berbagai industri. Untuk itu Aon Hewitt melihat opportunity untuk membantu praktisi HR di Indonesia cukup besar,” ujar Rina Sjoekri, Country Head untuk Aon Hewitt Consulting di Indonesia.

Selain Engagement survey, Employee Engagement Studi yang dikembangkan Aon Hewitt dinilai mampu membantu klien untuk melihat area apa yang bisa membuat employee itu sangat terlibat atau enganged dengan organisasi. “Sistem terbaru kami yaitu online engagement reporting dapat menjadi aplikasi untuk mendengarkan suara karyawan melalui voice, insight, action yang nantinya akan di-monitoring oleh departemen HR,” ujar Rina.

Mengenai harapan dan target ke depannya, Rina merasa tertantang dan akan konsisten mengembangkan sistem dan program yang mereka miliki. “Ini adalah waktu yang menarik bagi saya dan tim saya di Indonesia,” tutup Rina Sjoekri.

Tags: