Penyandang Disabilitas Juga Dapat Tempat di Jobfair

job fair kemenakertrans 5

Digelar selama dua hari, pameran lowongan kerja yang dihelat oleh Kemenakertrans tampak dibanjiri pengunjung. Jumat- Sabtu (4-5) lalu, warga Jakarta tampak antusias mengunjungi JI EXPO Kemayoran untuk mengunjungi  pameran tersebut. Tidak semata-mata karena pengunjung tidak dikenakan biaya masuk, melainkan juga beberapa daya tarik yang tidak dapat kita temukan di job fair lain.

“Event ini sudah ke-11 kalinya kita lakukan. Dan sesuai kesepakatan dari ILO maka acara ini gratis untuk siapapun. Di samping jobfair, kita juga menyediakan expo untuk hasil karya para penyandang disabilitas. Selain itu, kita juga menghadirkan perusahaan yang bisa menawarkan kesempatan kerja bagi disabilitas, karena 1% dari jumlah pencari kerja adalah kaum difabel. Terakhir, jobfair ini juga menyediakan seminar gratis baik bagi pencari kerja reguler maupun penyandang disabilitas,” ungkap Liliek Setyarini, Kasubdit Bursa Kerja Dit. Pengembangan Pasar Kerja Kemenakertrans.

Masih menurut Liliek, job fair tersebut menargetkan sekitar 10 ribu pengunjung dan 120 perusahaan peserta pameran. Dari 120 perusahaan tersebut, ia menyebutkan bahwa tak kurang dari 4326 lowongan kerja ditawarkan selama expo tersebut.

“Tujuan kami adalah memfasilitasi baik pencari kerja maupun penyedia kerja untuk bertemu dalam satu tempat. Harapannya adalah agar pencari kerja mendapat penempatan dan penyedia kerja juga mendapatkan talent sesuai dengan kualifikasi yang mereka perlukan. Nantinya, job fair ini akan diselenggarakan di 21 titik di Indonesia,” ujar Liliek menegaskan.

Kemenakertrans pun terus berbenah untuk meningkatkan kualitas dari job fair tahunan mereka. Tahun ini, mereka sudah mulai melakukan zoning, yakni mengelompokkan perusahaan peserta pameran sesuai dengan bidang industri mereka. Dan tahun ini pun untuk pertama kalinya job fair ini memberi ruang bagi para penyandang disabilitas. (*/@yunitew)

 

Tags: ,