Pentingnya Employment Branding Pasca Kenaikan Harga BBM

Kenaikan harga BBM di tingkat dunia telah menjadi masalah bisnis di mana-mana. Banyak karyawan mencari tempat kerja baru yang lebih dekat dengan rumah mereka. Intinya, orang berusaha memangkas berbagai biaya. Oleh karenanya, kaum pengusaha tak bisa tinggal diam kalau tidak ingin kehilangan talent-talent bagus yang mereka miliki.Menurut Pengelola-Mitra pada The Brand Management Group Mike Nale yang berkantor di Honolulu, AS, kondisi ekonomi yang sulit merupakan saat yang tepat untuk mempertahankan jajaran top talent yang dimiliki perusahaan.

“Pada saat ekonomi mengalami resesi, employment branding berada dalam risiko. Pertahankan brand bisnis Anda sebagai yang terbaik di mata karyawan,” ujar Nale
Disadari bahwa prioritas banyak perusahaan saat ini adalah menekan biaya-biaya operasional sambil terus mempertahankan perolehan profit. Namun, menurut Nale, itu tidaklah cukup. “Bagaimana kalau strategi semacam itu justru berisiko untuk bisnis jangka panjang?” tanya dia retoris.

Nale menegaskan, di masa resesi organisasi tetap harus tumbuh dalam rangka mempromosikan brand perusahaan. “Dan, talent adalah kunci untuk (tetap) tumbuh,” tandas dia. Dicontohkan, perhatian perusahaan pada aktivitas rekrutmen penting artinya bagi upaya mempertahankan brand tersebut. “Pastikan bahwa perusahaan Anda tetap punya nama baik sebagai tempat kerja idaman pada masa resesi. Ini proses yang penting. Percayalah, top talent selalu dicari khususnya di era sulit seperti sekarang ini,” ujar Nale.
Lebih jauh Nale meyakinkan bahwa mempertahankan sambil tetap merekrut talent-talent terbaik akan berdampak sangat positif terhadap produktivitas. “Pokoknya gunakan ini sebagai skenario jangka panjang,” ujar dia.

Secara rinci, Nale memberikan jurus-jurus yang sederhana untuk membantu perusahaan mempertahankan brand mereka sebagai tempat kerja yang menarik dalam masa ekonomi sulit:

— pertahankan para top talent

— praktikkan empat hari kerja untuk mengurangi biaya-biaya operasional tanpa mengorbankan kinerja atau produktivitas

— berikan pilihan yang lebih banyak untuk program-program kesejahteraan karyawan

— pertimbangkan kerja jarak jauh untuk karyawan tertentu, guna mengurangi biaya transportasi

— buatlah iklan rekrutmen lewat website atau blog perusahaan

“Intinya Anda harus menunjukkan citra stabilitas, keamanan dan pertumbuhan serta inovasi selama kondisi ekonomi tidak menentu,” simpul Nale.

Tags: