Peningkatan SDM Terhambat Korupsi

Berbagai kasus korupsi yang kini memuncak dan menjadi isu nasional berhari-hari perlu menjadi perhatian kalangan HR juga. Sebab, sektor ketenagakerjaan bisa kena imbasnya. Usaha peningkatan kualitas SDM akan ikut terganggu jika korupsi masih terus marak di berbagai bidang.
"Perbaikan sektor ketenagakerjaan sulit membaik bila korupsi masih merajalela," demikian tegas Presiden Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Rekson Silaban menyambut pertemuan organisasi-organisasi serikat pekerja se-Indonesia di Sukabumi mulai hari ini, Senin (23/11/09).
Anggota KSBSI, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), dan 35 federasi serikat pekerja nasional lainnya akan bertemu menyusun konsensus gerakan politik pekerja. Pertemuan besar yang baru pertama kali terjadi ini akan berlangsung hingga Rabu (25/11).
Rapat akbra bertajuk ”Trade Unions Meeting for Political Consensus (Tumpoc)” yang digagas KSBSI dan diselenggarakan bersama dengan KSPI, KSPSI, Friedrich Ebert Stiftung (FES) Indonesia, dan The American Center for International Labor Solidarity (ACILS) ini juga bertujuan menggalang aksi nasional memberantas korupsi yang membuat iklim investasi Indonesia terpuruk.
Rekson Silaban mengungkapkan, pertemuan juga akan mengagendakan penetapan prioritas aksi nasional sampai tahun 2014.
”Usulan yang sudah mengemuka adalah reformasi sistem jaminan sosial Indonesia, pengawasan ketenagakerjaan, perlawanan terhadap sistem kerja kontrak, dan pekerja kontrak. Kami berharap pertemuan ini dapat menghasilkan arah konkret bagi gerakan pekerja nasional,” ujar Rekson.
Berdasarkan studi FES Indonesia mengenai hubungan antara serikat pekerja dan partai politik dalam Pemilu 2009, masih sedikit partai politik yang memiliki strategi berkaitan dengan pekerja. Di antara yang sedikit itu, tercatat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang memiliki kerja sama dengan Serikat Pekerja Nasional dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia.
”Kami berharap pertemuan ini bisa mendefinisikan ulang hubungan serikat pekerja dan parpol sehingga saling menguntungkan. Namun yang terpenting, serikat pekerja harus memperkuat suara politik mereka,” ujar dia.

Tags: