Pengusaha Jangan Sepelekan Jabatan Karyawan

Mana yang lebih penting, gaji atau jabatan? Tentu dua-duanya, jabatan bergengsi dan gaji tinggi. Kalau tidak bisa mencapai dua-duanya? Sebuah survei terbaru mengungkapkan, banyak manajer senior yang rela mengesampingkan kenaikan gaji demi mengejar jabatan tertentu.

Survei yang dilakukan perusahaan rekrutmen Imprint Search & Selection, Inggris itu menghasilkan temuan, lebih dari separo manajer senior menilai jabatan pekerjaan merupakan hal terpenting bagi mereka. Namun, hanya sepertiga dari kalangan non-manajer yang memiliki pandangan sama.

Lebih dari sepertiga manajer menyatakan, mereka siap menerima kenaikan jabatan tanpa kenaikan gaji. Sedangkan untuk staf non-manajer, angka yang diperoleh hanya 1 dari lima orang. Para manajer senior juga lebih banyak bersedia menukar kenaikan gaji dengan kenaikan jabatan dibanding rata-rata pekerja.

Tapi, para manajer itu mengatakan, sama sekali bukan untuk gengsi-gengsian jika mereka menganggap jabatan formal begitu pentingnya. Melainkan, jabatan itu mereka lihat sebagai alat promosi karir dalam pasar kerja yang kompetitif. Di samping itu, jabatan juga sering bisa digunakan sebagai nilai tawar dalam review kinerja dan negosiasi karir.

Berkebalikan dengan itu, karyawan non-manajemen tidak terlalu melihat jabatan sebagai sesuatu yang penting dalam karir mereka. Golongan ini beralasan bahwa fungsi utama jabatan formal hanyalah untuk meninggikan status pribadi.

Direktur Operasi Imprint Search & Selection Norman Burden mengatakan, “Kalangan pengusaha yang selama ini meyakini bahwa banyak orang dalam organisasi menganggap jabatan formal itu tidak penting, survei ini memberi konfirmasi bahwa untuk sebagian besar kenyataannya sungguh berbeda.”

“Berbeda dengan soal gaji, para senior manajer melihat jabatan mereka sangat penting dan sebagian dari mereka menyiapkannya sebagai alat bargaining untuk meningkatkan karir. Perusahaan jangan underestimate terhadap pentingnya jabatan formal bagi karyawan.”

“Dalam permainan karir di perusahaan, individu-individu ambisius merencanakan progresi karir mereka dengan sangat teliti,” tambah dia.

Tags: ,