Penggunaan Media Sosial di Tempat Kerja Meningkat

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh Trend Micro memperlihatkan bahwa secara global semakin banyak karyawan yang menggunakan jejaring media sosial di kantor selama jam kerja.

Survei dilakukan dengan meneliti kebiasaan 1600 pengguna internet di Amerika Serikat, Inggris, Jerman dan Jepan. Ditemukan bahwa dalam dua tahun terakhir, penggunaan situs sosial di tempat kerja meningkat, dari 19% menjadi 24%. Khusus di Jerman, penggunaan media sosial pada jam kerja meningkat 10%.

Belum jelas apakah peningkatan yang gradual namun signifikan tersebut berpengaruh terhadap bisnis, atau merugikan perusahaan dari segi waktu dan biaya.

Bagi para karyawan yang menggunakan laptop, angka peningkatan tersebut bahkan lebih tinggi –8% secara global dan 14% di Jerman. Secara umum, sepertiga pemakai laptop di seluruh dunia mengakses situs-situs sosial pada jam kerja.

Lebih jauh survei juga menemukan, bahwa besar-kecilnya perusahaan juga ikut menentukan. Di AS dan Jepang, karyawan pada perusahaan besar cenderung lebih sedikit mengakses jejering sosial. Namun, di Inggris dan Jerman, karyawan pada perusahaan-perusahaan besar lebih banyak “browsing” situs-situs sosial ketika mereka sedang bekerja.

Sudah barang tentu, para manajer IT maupun “project manager” mempunya kepedulian pada kemungkinan berkurangnya productivitas akibat penggunaan situs-situs jejaring sosial di internet pada jam kerja. Namun, angka-angka peningkatan dalam penggunaan media sosial di tempat kerja tersebut sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan-kepentingan marketing dan tujuan bisnis lainnya.

Tags: