Pengaruh Karyawan dalam Negosiasi Gaji Akan Meninggi

Barangkali Anda sedang mencari kerja, atau sudah punya karir mapan di perusahaan dan sedang mencari peluang menaikkan pendapatan. Lebih dari yang Anda kira, Anda akan punya pengaruh yang lebih besar dalam negosiasi gaji.

Saat ini, perusahaan-perusahaan sedang mengalami peningkatan dalam tingkat pergantian karyawan. Dan, mereka tengah mempersiapkan pensiun karyawan hampir sebesar 20% untuk jangka waktu lima tahun ke depan.

Hal itu menuntut perusahaan membuka lowongan dalam jumlah besar untuk mengisi posisi-posisi yang kosong. Lebih jauh, kondisi tersebut pada gilirannya menuntut usaha-usaha memperkecil biaya maupun risiko yang harus ditanggung oleh perusahaan-perusahaan itu terhadap kehilangan calon-calon yang diinginkan.

Dalam survei yang dilakukan tahun ini oleh Compensation Resources, perusahaan-perusahaan melaporkan bahwa rata-rata tingkat pergantian sukarela jajaran eksekutif, profesional serta karyawan level teknikal dan sales secara kasar naik dua kali lipat sejak 2004.

Biaya rata-rata untuk menggantikan posisi Anda adalah satu-setengah kali gaji Anda. Tapi, jika Anda adalah karyawan yang memiliki keandalan tinggi, biaya tersebut naik menjadi antara dua sampai tiga kali gaji Anda, demikian diungkapkan Direktur HR Services pada PricewaterhouseCoopers Mike Bokina.

Biaya-biaya replacement itu meliputi “ongkos nyata” seperti biaya untuk lembaga pencari tenaga kerja, biaya promosi dan biaya pelatihan. Tapi, ada juga biaya-biaya yang “tidak nyata” seperti waktu yang harus disediakan oleh manajer untuk proses rekrutmen dan hilangnya hubungan dengan klien yang telah dijalin oleh karyawan yang meninggalkan perusahaan.

“Mengganti orang itu memang beban yang besar,” kata Senior Vice President HR pada lembaga penempatan tenaga kerja Adecco North America Bernadette Kenny. Dan, kini, “Perusahaan-perusahaan harus bertindak lebih cepat,” tambah dia seperti dilaporkan CNN Money. Dijelaskan, mengapa perusahaan harus bertindak cepat, karena kandidat hanya akan menunggu antara satu hingga dua bulan sebelum ia menerima jawaban atas lamaran yang ia kirimkan ke perusahaan lain.

Semua itu bisa dibaca bahwa pengaruh karyawan-karyawan berkinerja-tinggi sedang dalam posisi yang bagus, terutama jika Anda berada dalam industri di mana keahlian dan bakat Anda diperlukan untuk kebutuhan jangka pendek.

Mendorong Retensi

Untuk mendorong retensi, perusahaan-perusahaan yang cerdas sedang menimbang “karyawan-karyawan sangat penting” untuk menemukan apa yang bisa membuat mereka puas dan kemudian berusaha memberikannya.

Sedangkan, untuk para pencari kerja, “Organisasi-organisasi sedang menyediakan tawaran-tawaran yang fleksibel,” ujar Kenny seraya menggarisbawahi bahwa “fleksibel” yang dimaksud mencakup rencana-rencana bonus secara umum, gaji awal yang bagus atau jadwal kerja yang fleksibel.

Untuk memastikan langkah Anda ke depan telah berada di jalur yang benar, sebelum memasuki negosiasi-negosiasi dengan pihak pengusaha atau seseorang yang prospektif, kenali dengan jelas nilai pasar Anda. Demikian juga dengan prioritas-priotitas personal Anda dan area-area yang Anda minati, pesan Kenny.

Tags: