Pengangguran di Jepang Tertinggi dalam 6 Tahun

Angka pengangguran terus melonjak di mana-mana. Di Jepang, tingkat pengangguran naik ke level tertinggi dalam 6 tahun ini pada Juni 2009. Fakta ini menekan prediksi atas belanja konsumen seiring ekspor yang mulai meningkat.
Tingkat pengangguran di Jepang mulai mendaki ke angka 5,4% pada Juni, dari 5,2% angka Mei 2009, demikian biro statistik di Tokyo mengungkapkan, Jumat (31/7/09). Kenaikan tersebut lebih tinggi dari perkiraan ekonom yang berkisar pada 5,3% sesuai survei.
Dengan kondisi tersebut, para ekonom kemudian memperkirakan level pengangguran akan naik mencapai rekor 5,8% karena level produksi pada tiga kuartal tahun lalu menghadapi tekanan biaya meskipun perusahaan yang melakukan ekspor lebih banyak.
Dengan level produksi Jepang saat ini, perusahaan memiliki 6 juta pekerja ekstra, tertinggi selama ini. Sebuah laporan sebelumnya mengungkapkan, ketika produksi meningkat 2,4% pada Juni dari bulan sebelumnya, jumlah pekerja turun 23,4% dibandingkan setahun lalu.
Kementerian Tenaga Kerja Jepang mengungkapkan, Kenaikan jumlah lowongan yang tersedia untuk setiap pelamar kerja bertahan di angka 0,43, yang merupakan rekor terendah.
Pukulan kenaikan angka pengangguran juga melanda Amerika Serikat. Tingkat pengangguran di AS mencapai level tertinggi dalam 25 tahun, di angka 9,5% pada Juni 2009. Dan, di wilayah Eropa, angka pengangguran mencapai 9,5% pada Mei 2009, tertinggi dalam satu dekade terakhir.

Tags: