Pencari Kerja Harus Bersaing dengan 50 Pelamar

Minimnya gaji, perasaan diabaikan serta pekerjaan yang terlalu banyak dan menguras tenaga umumnya merupakan alasan utama karyawan meninggalkan tempat kerja mereka. Tapi, persaingan yang makin ketat seolah tak membuat perusahaan khawatir “kehabisan” tenaga kerja.

Para manajer HR di Amerika Serikat melaporkan, mereka rata-rata menerima lebih dari 50 resume untuk setiap posisi yang mereka iklankan. Sebuah jajak pendapat yang dilakukan melalui mesin pencari Yahoo! atas 5331 pekerja AS menemukan bahwa tidak menerima bonus sesuai harapan mendorong tiga perempat pekerja mencari pekerjaan baru.

Namun, banyak “gerakan” yang tidak sesederhana itu. Sebuah survei lain yang dilakukan terpisah, oleh lembaga perekrut online CareerBuilder.com melaporkan lebih dari seperempat HR manajer kini menerima lebih dari 50 lamaran untuk setiap lowongan posisi.

Terbuka

Jajak pendapat di Yahoo! menemukan bahwa, meskipun dua pertiga mengaku tidak aktif mencari tahun ini, tapi mereka akan terbuka pada pekerjaan baru jika ada yang cocok.
Alasan utama lainnya untuk mencari pekerjaan baru: keberatan harus bekerja di hari libur, setidaknya sekali dalam sebulan (separo); harus “perform” pada aspek tertentu untuk pekerjaan sehari-hari (sepertiga), termasuk pada akhir pekan; dan keyakinan bahwa mereka bisa mendapatkan gaji yang lebih baik di tempat lain (lebih dari seperempat).

Mendekati seperlima karyawan semata-mata tidak melihat adanya potensi untuk perkembangan karir dalam pekerjaan yang digeluti sekarang. Dengan prosentase yang sama, mereka juga menginginkan paket benefit yang lebih baik.

Yang cukup mengkhawatirkan, bagi para manajer, lebih dari sepertiga akan “pokoknya tidak” atau “mungkin tidak” merekomendasikan perusahaan mereka kepada orang lain.
“Para pimpinan perusahaan perlu meluangkan waktu untuk mengevaluasi lingkungan kerja mereka untuk tujuan mengikat dan meretensi karyawan,” ujar Vice President Senior HR Yahoo! Libby Sartain.

“Karyawan mencari pekerjaan yang bermakna dan mereka ingin mendapatkan keuntungan dari karir mereka. Bagaimana pun, mereka ingin menikmati kehidupan yang seimbang pada saat yang sama,” tambah dia.

Seratus Resume

Jajak pendapat CareerBuilder menemukan, lebih dari satu dari sepuluh manajer HR menerima lebih dari 100 resume untuk setiap lowongan yang dibuka. Kata kunci yang umumnya digunakan para pencari kerja untuk menarik perhatian adalah “pemecah masalah”, “pengambil keputusan”, “kepemimpinan”, “komunikasi lisan dan tertulis”, “pengembangan tim” dan “kemajuan kinerja dan produktivitas”.

“Dalam pasar kerja yang kompetitif dewasa ini, sangat penting bagi para kandidat untuk membuat resumenya sempurna,” kata Vice President bidang consumer marketing CareerBuilder.com.

Diingatkan, 33 persen manajer HR mengatakan, lebih dari separo resume yang mereka terima melalui sumber-sumber online memiliki cacat secara format. “Untuk memastikan bahwa resume Anda bebas dari kesalahan, teliti dulu berulang-ulang, dan baca lagi,” saran dia.

Tags: