Pemimpin Dunia & Social Media

twitterSBY

Kekuatan social media ternyata telah diakui oleh beberapa pemimpin dunia. Bahkan sebagian dari kepala negara memanfaatkan social media untuk menjaring ribuan massa saat berkampanye. Mereka mengakui bahwa social media mampu menjadi alat komunikasi yang efektif untuk lebih dekat kepada masyarakat.

Tak ketinggalan di Indonesia, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono resmi merilis akun twitter pribadinya 13 April kemarin. Upaya ini disambut meriah oleh masyarakat Indonesia, terbukti jumlah followers SBY telah mencapai 1 juta orang hanya dalam kurun waktu 4 hari.

Berikut ini kiprah 5 pemimpin dunia di social media:

1. Barack Obama

Presiden USA ini masih menjadi pemimpin teratas dari semua pemimpin dunia di negeri twitter. Sejak pembuatan akun resminya pada Maret 2007 lalu, Obama telah memiliki followers sebanyak 30 juta. Akun twitter Obama mencatat rekor yang cukup signifikan, yaitu penambahan 15 juta follower dalam 1 tahun.  Dan pada tahun 2012, Obama mendapatkan retweet terbanyak sepanjang masa saat ia terpilih kembali menjadi Presiden.

2. Hugo Chavez

Walaupun telah berpulang, Mantan Presiden Venezuela ini masih tercatat sebagai pemimpin teraktif kedua setelah Obama. Lewat akunnya @chavezcandanga Hugo berhasil mengumpulkan pengikut sebanyak 4 juta follower. Tokoh populis anti-Amerika ini mengakhiri hidupnya pada usia 58 tahun. Saat terbaring sakit, twitter menjadi alat komunikasinya dengan para pemiliihnya, khususnya kepada para oposisi. Lewat akun twitternya Chavez membantah rumor kesehatannya pada masyarakat Venezuela.

3. Abdullah Gul

Presiden Turki ini menduduki posisi ke-3 atas pemimpin dunia yang aktif di twitter. Dikenal sebagai early adopter, Gul sangat kagum dengan perkembangan teknologi komunikasi yang sudah terjadi. Saat kunjungannya ke Sillicon Valley, ia men-tweet bahwa dirinya adalah Presiden Turki pertama yang mengunjungi Sillicon Valley dan mengakui bahwa tempat itu adalah gudangnya teknologi. Hingga kini jumlah followers presiden kelahiran 1950 tersebut telah mencapai 3 juta pengikut.

4. Rania Al Abdullah

Rania adalah permaisuri dari Raja Yordania, Abdullah II. Ratu Yordania ini menduduki peringkat ke-4 di bawah Abdullah Gul. Sebagai istri dari pemimpin negara ia selalu bangga menjadi seorang ibu dari anak-anaknya. Lewat akun @queenrania ia berhasil mempunyai jumlah pengikut sebanyak 2 juta 6 ratus followers.

5. Susilo Bambang Yudhoyono

Sejak diluncurkan, akun @SBYudhoyono telah memiliki lebih dari 1 juta followers. Ini tentu saja fenomenal, untuk seorang politikus, SBY bisa mencapai 50 ribu follower hanya dalam waktu 10 jam. SBY mengatakan akun twitternya sebagai salah satu sarana berkomunikasi langsung dengan rakyat. Langkahnya membuat twitter banyak mendapat respon pro dan kontra. Namun menurutnya twitter bisa menjadi penyambung komunikasi dirinya dengan masyarakat setiap saat.

Tags: ,