Pemerintah Perlu Cari Terobosan untuk Atasi Pengangguran

Target pertumbuhan ekonomi 2009 sebesar 4 – 5% dinilai belum cukup tinggi untuk mengatasi pengangguran yang akan terus bertambah akibat dampak krisis. Oleh karenanya, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di DPR meminta pemerintah untuk mencari terobosan dalam memecahkan masalah tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPD Ginanjar Kartasasmita dalam pidato di depan anggota DPD dan Presiden RI di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (19/8/2009).

“Ekonomi Indonesia belum sama sekali aman dari ancaman. Pertumbuhan ekonomi yang sekitar 4-5% meskipun cukup baik dibanding banyak negara lain, tidak cukup tinggi untuk mengatasi pengangguran, kemiskinan, dan mengejar ketertinggalan. Karena itu pemerintah harus berusaha keras mencari terobosan-terobosan,” papar dia seperti dilaporkan Detikcom.

Pemerintah juga diminta untuk mengembangkan pendekatan yang baru dan inovatif agar dengan kendala-kendala yang kita hadapi dan sumber daya yang ada, Indonesia dapat kembali pada jalur ekonomi dengan pertumbuhan tinggi seperti di waktu yang lalu.

Lebih jauh, Ginanjar meminta pemerintah untuk memperkuar daya saing, ketahanan, dan kemandirian ekonomi nasional. Sebab, menurut dia, salah satu potensi terbesar Indonesia adalah mengembangkan pendekatan pembangunan yang berbasis kerakyatan dan kedaerahan.

“Karena di situlah sekarang letak kekuatan kita sebagai bangsa yang besar penduduknya, luas wilayahnya, dan beraneka ragam sumber dayanya. Untuk memungkinkan semua berjalan, pemerintah daerah harus mampu menjalankan fungsinya secara optimal. Upaya-upaya penciptaan pemerintahan good local government harus merupakan bagian dari agenda prioritas,” pesan dia.

Tags: