Pemerintah Kembangkan Bursa Kerja “Online”

Kabar baik bagi para pencari kerja dan perusahaan yang membutuhkan karyawan baru. Pemerintah melalui Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi mengumumkan bahwa sedang mengembangkan bursa kerja secara “online” dengan memanfaatkan teknologi informasi berbasis web.

Menurut Menteri Tenaga Kerja yang baru Muhaimin Iskandar, bursa kerja online merupakan alternatif bagi usaha yang juga telah dilakukan pemerintah untuk memperluas lapangan kerja, yakni job fair.

“Berkaitan dengan upaya penanggulangan pengangguran melalui perluasan kerja, dan untuk mempertemukan pencari kerja dan pengguna tenaga kerja, selain melalui job fair, kami mengembangkan bursa kerja secara online,” ujar Muhaimin dalam acara “Bursa Kerja: IPB Job Fair & IPB Entrepreneur Expo” di IPB International Convention Center, Bogor, akhir pekan lalu.

Dijelaskan, hingga akhir 2008, bursa kerja online itu telah dikembangkan di 107 lokasi, tersebar di seluruh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) kabupaten/kota dan provinsi, termasuk di beberapa perguruan tinggi. Antara lain, UI, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Udayana dan Universitas Brawijaya.

Selama 2009, bursa kerja online tersebut terus berkembang, ditargetkan akan terlaksana di 146 Disnakertrans kabupaten/kota. Sehingga, seluruh lapisan masyarakat baik pencari kerja maupun pemberi kerja dapat memanfaatkannya secara gratis, melalui situs www.infokerja.web.id.

Tantangan Berat

Muhaimin Iskandar mengatakan, program Kabinet Indonesia Bersatu II adalah menurunkan angka pengangguran dari 8,14% menjadi 5,1%, dan itu merupakan tantangan yang sangat berat.

Direktur Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni IPB Dr Ir Dodik Ridho Nurrochmat, MSc, F.Trop mengatakan, “job fair” dan “entrepreneur expo” yang digagas IPB selama dua hari (7 – 8 November) diharapkan dapat memperkuat jaringan dan pemasaran wirausaha dari kalangan civitas akademika IPB.

Kegiatan itu, kata dia, sebagai upaya IPB dalam memberikan yang terbaik bagi pengembangan kewirausahaan yang digeluti oleh keluarga besar IPB baik alumni, mahasiswa maupun dosen.