Pemerintah Belum Setujui Kenaikan Gaji

Tuntutan kenaikan gaji yang diajukan tujuh serikat karyawan menyusul kenaikan harga BBM agaknya masih jauh dari titik terang. Pemerintah bahkan seolah-olah memberikan isyarat bahwa tuntutan itu akan sulit dipenuhi.

Menurut Ketua Dewan Pengupahan yang juga pejabat sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja DKI Jakarta Sumanto, pemerintah tidak dapat menyetujui kenaikan upah jika berdampak merugikan pengusaha. ”Usul kenaikan upah buruh akan dirundingkan agar semua tidak merasa dirugikan. Jangan sampai kenaikan UMP membangkrutkan perusahaan karena buruh juga yang akan menanggung akibatnya,” ujar dia seperti dikutip Kompas.

Mulai Jumat (30/5/08) ini, Dewan Pengupahan akan membahas permintaan kenaikan upah minimum provinsi (UMP) sebesar 30 persen yang diajukan oleh perwakilan tujuh serikat pekerja. Sumanto mengatakan, usul kenaikan UMP tersebut harus dikaji bersama antara perwakilan serikat pekerja dengan perwakilan dari asosiasi pengusaha.

Dijelaskan, pembahasan bakal dilakukan beberapa kali guna menghasilkan rekomendasi kenaikan UMP 2008. Rekomendasi itu yang akan menjadi acuan gubernur untuk menaikkan UMP 2008. Saat ini, UMP DKI Jakarta Rp 972.604 per bulan. Kenaikan UMP yang diminta pekerja sekitar Rp 300.000.

Tags: