Orang HR Paling Sibuk di Masa Resesi

Departemen atau divisi apakah yang paling sibuk pada masa krisis keuangan yang melanda perusahaan-perusahaan di seluruh dunia saat ini? Jawabnya tak lain dan tak bukan adalah divisi HR. Para profesional HR tiba-tiba bekerja lebih keras untuk menangani masalah-masalah yang sebelumnya tak pernah ada. “Para pemimpin dan profesional HR kini berada di bawah tekanan besar,” ujar CEO Institute of Leadership and Management, Inggris Penny de Valk. “Mereka dituntut untuk mengurangi jabatan-jabatan kepala bagian dan harus memastikan tidak ada risiko bisnis,” tambah dia.

Menurut de Valk, belum pernah HR dihadapkan pada beban kerja yang seberat sekarang. Untuk itu, dia menyarankan, agar orang HR membagi beban itu dengan cara memberdayakan jajaran manajer lini. “HR akan kewalahan kalau tidak melatih para manajer lini untuk membantu menangani masalah-malasah yang timbul akibat dampak resesi,” ujar de Valk seperti dikutip Personneltoday.

Diingatkan juga, krisis yang berdampak pada PHK karyawan bisa menambah beban kerja HR karena ada kemungkinan, korban PHK yang tidak terima akan memperkarakan perusahaan ke pengadilan. “Jadi, orang HR benar-benar dituntut kesiapannya,” tandas de Valk sambil mengungkapkan kenaikan angka pengadilan ketenagakerjaan dalam kurun waktu belakangan.

Diprediksikan, jumlah tuntutan korban PHK akan terus meningkat pada tahun depan jika kondisi ekonomi semakin memburuk. De Valk menegaskan, HR punya kewajiban untuk memastikan para lini manajer cukup terlatih dan siap membantu mereka menghadapi “pekerjaan ekstra” tersebut.

Direktur HR perusahaan raksasa telekomnikasi Orange Business Services Helen Chamberlain membenarkan pernyataan de Valk. Chamberlain mengaku, pihaknya telah memberi pembekalan kepada para manajer lini agar mereka memahami proses pengadilan hubungan industrial. “Para manajer lini harus tahu keterlibatan mereka, sebab sering segala sesuatunya berjalan tidak sebagaimana mestinya, baik itu proses maupun kesalahan yang terjadi di pengadilan,” ujar dia.

Tags: ,