Nokia Akan Pecat Ribuan Karyawan

Nokia2-520x245

Perusahaan asal Finlandia, Nokia Siemens Network kembali akan memecat ribuan karyawannya di berbagai pabrik demi restrukturisasi yang terus berlanjut. Dalam pernyataan tertulisnya, produsen perangkat telekomunikasi ini akan memangkas 300 pekerja TI (Teknologi Informasi) dan berencana mentransfer kegiatan tertentu sehingga 820 karyawan pindah ke HCL technologies dan TATA Consultancy Services yang beroperasi di India.

Nokia mengkonfirmasi bahwa pemecatan ini adalah bagian dari usaha restrukturisasi besar-besaran. Pada Juni tahun lalu, perusahaan mengatakan pihaknya merencanakan PHK sebanyak 10 ribu karyawan pada akhir 2013.

Perusahaan Finlandia ini mengalami kerugian bersih sebesar 1,6 miliar Euro pada kuartal pertama akibat jatuhnya penjualan dan biaya restrukturisasi yang berat.

PHK besar-besaran ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya dan menciptakan organisasi TI sesuai dengan kemampuan ruang lingkup Nokia saat ini.

Disinyalir, hal ini juga dilakukan untuk mendongkrak penjualan produk andalan mereka, Nokia Lumia yang bermitra dengan Microsoft dalam Smartphone Windows Phone.  Nokia merilis bahwa akhir minggu lalu telah menjual 4,4 juta Windows Phone pada kuartal keempat, namun hasil balik penjualan Nokia saat ini masih berjalan lambat.

Perusahaan ini sebelumnya adalah pembuat ponsel nomor satu di dunia selama lebih dari satu dekade, namun pamornya terus menurun seiring meningkatnya popularitas produk Apple dan smartphone berbasis sistem operasi dari Google.

Tags: ,