MM UI Buka (Kembali) Program SDM

Magister Manajemen (MM) FE-UI siap membuka kembali salah satu program regulernya, yakni Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Program ini sebelumnya sudah pernah dibuka namun tidak berjalan sesuai rencana. Kini, dengan format dan semangat baru, program yang sama akan dibuka mulai Januari 2006

“Dulu memang pernah ada, tapi tidak running, tidak banyak yang berminat. Kita akan mengemasnya dengan cara yang berbeda, sehingga diharapkan akan lebih menarik,” ujar Staff Ahli Pimpinan Akademik MM UI bidang SDM George Surya Kencana saat ditemui PortalHR.com di Kampus MM UI Salemba, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2006).

Sebagai orang yang diberi tugas untuk mengkoordinasi dan mengembangkan program tersebut, George tidak ingin menyalahkan siapa-siapa atas kegagalan program serupa sebelumnya. Namun, ia mengakui, “Setelah saya selidiki, kurikulumnya memang nggak menarik, terlalu kering.” Yang dimaksud terlalu kering, antara lain karena sifatnya yang lebih berorientasi pada kajian akademis.

George membandingkan dengan program-program lain seperti Manajemen Pemasaran dan Manajemen Keuangan. “HR (Human resource) itu nggak sama dengan finance atau marketing. Keduanya lebih nyata, visible sedangkan HR invisible, susah untuk dimengerti kalau nggak ada pengalaman. Sehingga kalau HR mau dijual dari segi akademisi, nggak akan jalan. Kita harus berpikir dari segi industrinya, apa yang mereka perlu, kita supply,” papar George.

“Kita akan lebih ke practical, tujuan program ini untuk menciptakan SDM kita supaya bisa mempunyai kompetensi yang sama standarnya dengan internasional,” tambah dia. Diakui, untuk mengubah orientasi tersebut dari akademis ke praktis tidaklah mudah. “Bagaimana pun ini dunia akademis, bagian dari universitas, sehingga ada birokrasi yang tak memungkinkan untuk kita merombak semuanya.”

Sebagai langkah awal, lanjut George, pihaknya akan mengubah mata kuliah pilihan melalui dua tahap pembukaan kelas. Setelah kelas pertama dibuka pada Januari, tahap kedua menyusul Agustus 2007. George menargetkan 25 orang per kelas. “Kalau terlalu besar nggak efektif,” ujar dia seraya menjelaskan bahwa Program Manajemen SDM ini menyasar kalangan eksekutif perusahaan yang telah berkarir selama 5 tahun.

“Tidak harus orang HR, dari kalangan non-HR pun boleh,” tambah George. Sayangnya, George belum bersedia merinci mengenai biaya kuliah selama 1,5 tahun itu. “Nanti akan kita keluarkan daftarnya bersamaan dengan relaunching-nya, Desember,” kilah dia. Yang jelas, saat ini pihaknya tengah melakukan berbagai promosi untuk memperkenalkan program yang dikembangkannya, selain juga telah menjajaki kerjasama dengan Society of HR Management di Amerika dan Singapore HR Institute.

Tags: ,