Microsoft Pakai Fashion Show agar Wanita Tertarik Karir IT

Ini cara unik dan cukup cerdas untuk ditiru. Perusahaan Microsoft di Inggris menggunakan permainan fashion show sebagai cara untuk menggaet para wanita agar tertarik untuk berkarier di bidang Teknologi Informasi (IT). Raksasa di bidang pembuatan software itu saat ini memang tengah gencar mencari cara-cara baru untuk merangkul anak-anak, khususnya wanita muda, dan membuat mereka antusias untuk mempelajari teknologi perangkat lunak.

Selama ini, Microsoft memang nyaris “kehabisan akal” untuk mengubah citra IT sebagai bidang yang hanya cocok untuk kaum pria, yang berdampak pada sulitnya mereka mengatasi kelangkaan keahlian di sektor tersebut. Sebagai gambaran, di negera maju seperti Inggris saja, hanya 16% dari SDM bidang IT yang diisi oleh wanita.

Kepala Urusan-urusan Keahlian dan Ekonomi Microsoft Stephen Uden mengungkapkan kepada Personnel Today bahwa masih ada kesenjangan yang lebar dalam keahlian di bidang IT dan hal itu menghambat pertumbuhan dunia bisnis.” “Lowongan pekerjaan di bidang IT begitu banyak dan terbuka lebar, dari sekarang kita harus memecahkan akar persoalan yang menyebabkan kelangkaan keahlian di bidang ini,” Uden mengingatkan.

Microsoft dewasa ini melakukan investasi besar-besaran untuk program revitalisasi IT dalam industri yang luas untuk mendorong anak-anak sekolah tertarik mempelajari bidang tersebut. Menurut Uden, usaha untuk mengubah citra IT yang angker harus dimulai dari sekolahan. “Karyawan bidang IT telanjur dicitrakan sebagai orang-orang yang kutubuku dan kuper, dan biasanya laki-laki. Kalau pun memang ada yang begitu, ya itu soal lain, tapi kita perlu mengubah citra semacam itu,” ujar dia.

Dipaparkan, usaha yang saat ini sedang dilakukan adalah menarik minat kaum wanita lewat simulasi mengorganisasikan sebuah acara fashion show. “Kami menggunakan komputer dan diharapkan cara ini lebih menarik perhatian mereka dibandingkan dengan hanya mengajari mereka memencet-mencet tuts kibor,” tambah Uden.

Tags: ,