Merekrut Karyawan Sambil Meningkatkan Citra Perusahaan

Pergeseran paradigma dunia kerja menuntut perusahaan untuk mengubah pola-pola kegiatannya, termasuk dalam rekrutmen karyawan. Merekrut mestinya jangan hanya sekedar membuka lowongan. Tapi, sekaligus diupayakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan citra perusahaan di mata masyarakat.

Menurut CEO Expert Eileen Rachman, hal itu hanya bisa dilakukan jika orang HR menyadari bahwa dirinya juga merupakan bagian dari fungsi marketing dari sebuah organisasi. Berbicara di hari kedua seminar Human Resources Expo 2006 di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (21/12/06), mantan Direktur HR PT Kawan Lama Sejahtera tersebut banyak membagi pengalamannya dalam strategi rekrutmen karyawan.

Ada dua sudut pandang, demikian Eileen, yang harus diperhatikan dalam kegiatan rekrutmen. Yakni sudut pandang pelamar dan sudut pandang perusahaan. “Bagi pelamar, apakah perusahaan ini menarik, apakah ini workplace yang asik, bagaimana tangga karir di sini, berapa gajinya. Sedangkan perusahaan inginnya menemukan hanya lamaran yang baik dan bagaimana mendapatkan orang yang tepat.”

Namun, mantan dosen Fakultas Psikologi UI itu mengingatkan, rekrutmen karyawan bukan hanya hajatan HRD, melainkan kerja perusahaan secara keseluruhan. Untuk itu, di samping mengumpulkan kandidat yang cocok, meningkatkan ketertarikan dan semangat orang untuk bergabung, Eileen juga menandaskan perlunya perusahaan meningkatkan citra melalui hajatan rekrutmen tersebut.

“Caranya bagaimana? Misalnya, kirim surat penolakan yang simpati bagi pelamar yang tidak diterima. Jadi, orang akan berpikir, oh, perusahaan itu memang bagus, menghargai pelamar. Memang susah kalau pelamarnya ribuan, tapi kalau itu bisa dilakukan, citra perusahaan akan meningkat.”

Cara lain, dengan melibatkan CEO. “Bayangkan, betapa bangganya seorang pelamar kalau dia bisa diwawancarai langsung oleh CEO, lima menit saja, itu bisa meningkatkan citra perusahaan,” ujar Eileen seraya menekankan pentingnya peran serta pihak manajemen senior dalam proses rekrutmen. “Itu kalau kita memang ingin mendapatkan karyawan yang terbaik.”

Tags: ,