Menteri Tenaga Kerja Baru Optimis 2010 Pengangguran Turun

Pemerintah optimistis angka pengangguran pada 2010 akan turun sekitar 2% lebih rendah dibanding tahun ini. Bila data Badan Pusat Statistik (BPS) per Februari 2009 menyebutkan tingkat pengangguran mencapai 9,26 juta atau 8,14% dari total angkatan kerja, maka tahun depan diyakini akan tinggal 6%.
Demikian disampaikan oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang baru, Muhaimin Iskandar di Jakarta akhir pekan lalu. Menurut Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa itu, tingkat pengangguran sebenarnya bisa ditekan. Salah satunya dengan menggiatkan pembangunan infrastruktur.
Dalam program 100 hari kerja-nya dalam Kabinet Indonesia Bersatu II, Muhaimin berjanji akan meningkatkan pelayanan TKI ke luar negeri, menciptakan lapangan kerja baru dan mempercepat program transmigrasi dengan menekankan kewirausahaan di bidang pertanian.
Hal itu dimaksudkan untuk memberdayakan sekaligus meningkatkan perekonomian kerakyatan yang pada gilirannya dapat mengurangi jumlah penganggur.
Disamping itu, Muhaimin juga bertekad akan terus mengembangkan dan meningkatkan apa yang selama ini telah berhasil, baik Tri-Partit maupun pola hubungan yang lebih produktif antara pengusaha, pekerja dan pemerintah.
Sedangkan untuk meningkatkan kompetensi SDM, Muhaimin berencana melakukan kerjasama dengan Departemen Pendidikan Nasional.
Mantan Menakertrans Erman Suparno menyatakan, masih banyak program kerja atau permasalahan di Depnakertrans yang belum bisa diselesaikan di masa kepemimpinannya. Untuk itu, Erman berharap, sebagai penerusnya, Muhaimin dapat melanjutkan program kerjanya yang selama ini telah dirintis.
Disinggung mengenai masih adanya desakan sementara pihak agar pemerintah meninjau ulang praktik outsourcing, Muhaimin cuma bisa berharap bahwa hal itu akan masuk dalam bagian yang dibahas dulu di forum Tripartit. "Revisi RUU Tenaga Kerja masih kita lihat, kita tunggu dulu," kata dia.

Tags: