Menkeu Pastikan Gaji Pejabat dan Pegawai Negara Naik

Kabar gembira bagi segenap pejabat negara, dari Presiden hingga Bupati, dan pegawai negeri sipil. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menegaskan bahwa remunerasi atau kenaikan gaji pejabat negara sudah bisa diberlakukan pada 1 Januari 2010. Alokasi anggarannya pun sudah tersedia dalam APBN 2010.

“Sistem ini sudah siap berdasarkan anggaran, jika kebijakan politiknya sudah setuju maka bisa mulai 1 Januari 2010,” jelas Menkeu dialam keterangan pers-nya di Gedung Departemen Keuangan, Jakarta, Rabu (28/10/2009).

Dipaparkan, dasar hukum penetapan remunerasi pejabat negara adalah UU Nomor 12 Tahun 1980. Namun, menurut Sri Mulayni, undang-undang tersebut sudah tidak sesuai lagi dengan kondisi sekarang karena tidak mengatur remunerasi lembaga negara baru yang dibentuk berdasarkan Amandemen ke-4 UUD 1945. Misalnya, DPD, Mahkamah Konstitusi dan Komisi Yudisial.

Hal itu menyebabkan tidak adanya keseragaman dalam pemberian gaji dan tunjangan pejabat negara naik eksekutif, yudikatif, maupun legislatif. Menkeu menjelaskan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menginstruksikan dirinya dan Men-PAN agar menyusun suatu kebijakan yang utuh dan komprehensif agar tercapai suatu sistem remunerasi pejabat negara pejabat negara yang adil dan tepat.

Dasar hukum atau pengaturan remunerasi pejabat negara yang berlaku saat ini tersebar dalam berbagai peraturan perundangan lebih dari 35 peraturan dalam bentuk PP, Kepres, Perpres, Keputusan Menteri Keuangan, dan SK Sekjen Kementerian/Lembaga sehingga tidak ada konsistensi dalam penetapannya.

Lebih Rendah

Menanggapi kontroversi di masyarakat atas rencana kenaikan gaji pejabat negara, Sri Mulyani menegaskan, gaji pejabat negara termasuk menteri di Indonesia secara rata-rata lebih rendah dibandingkan pejabat negara dan menteri di negara lain. Karena itu, kenaikan gaji pejabat negara merupakan hal wajar.

Lebih jauh diungkapkan, selama 8 tahun gaji pokok, tunjangan, dan fasilitas menteri di Indonesia tidak pernah berubah besarannya. Kenaikan gaji selama ini hanya dilakukan pada pegawai negara golongan rendah. Dalam catatan Menkeu, sejak 2004 sampai 2010 nanti, pemerintah telah menaikkan gaji PNS golongan I A sebesar 3 kali lipat.

Gaji PNS golongan I A pada 2010 nanti sebesar Rp 1,892 juta/bulan (pada 2004 gaji mereka Rp 674 ribu/bulan). Di samping itu, tunjangan untuk veteran juga naik dari Rp 526 ribu/bulan pada 2004 menjadi Rp 1,26 juta/bulan tahun depan.

Tags: