Menjadi Wirausahawan Sudah Terdapat dalam Gen Anda

Menjadi seorang pelaku wirausaha merupakan langkah besar yang akan diambil oleh setiap orang. Hal ini dikarenakan menjadi seorang entrepreneur merupakan hal yang sangat beresiko dan memiliki banyak tantangan. Tahukah Anda bahwa menjadi seorang entrepreneur merupakan hal yang sifatnya genetis? Artinya jika Anda memiliki garis keturunan sebelumnya yang memang seorang pewirausaha sukses, tidak menutup kemungkinan Anda pun akan mengikutinya.

The Department of Twin Research and Genetic Epidemiology di Kings College, London melakukan penelitian untuk menjawab pertanyaan penelitian, apakah menjadi seorang pelaku wirausaha genetis ataukah tidak. Secara singkat, para peneliti mempelajari perilaku dan gen para pelaku wirausaha secara general, kembar identik ataupun kembar fraternal. Para peneliti menguji berapa kali usaha yang pernah dilakukan oleh para pelaku wirausaha, berapa lama mereka melakukan hal tersebut dan faktor lain yang mempengaruhi, seperti keinginan untuk menjalankan suatu bisnis. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil sebagai berikut:

Baca juga: Tips Penggunaan Linkedin dari 8 Pengusaha Muda

– Sebanyak 37% sampai 48% dari partisipan penelitian memiliki kecenderungan untuk menjadi seorang wirausahawan secara genetis

– Kecenderungan untuk mengidentifikasi kesempatan bisnis baru terdapat dalam gen para partisipan

– Menjadi seorang wirausaha pun juga diwariskan, hal ini menunjukkan bahwa faktor genetis tidak hanya mempengaruhi kecenderungan untuk terlibat dalam dunia wirausaha namun juga memiliki kemampuan untuk melakukannya

– Kecenderungan untuk memiliki tipe kepribadian seperti extroversion, openness dan sebagainya, dipengaruhi oleh faktor genetis pula. Hal ini menunjukkan bahwa gen dapat mempengaruhi kecenderungan partisipan untuk menjadi pelaku wirausaha dengan dipengaruhi oleh tipe kepribadian yang dikembangkan.

Menurut Dr. Michael Baird, selaku chief science officer dari DNA Diagnostic Center, perlu dipahami bahwa setiap individu mendapatkan sebagian gennya dari salah satu orang tua biologis. “Kami setiap saat mempelajari bagaimana DNA seseorang mempengaruhi physical traits dan behaviora traits seseorang. Sehingga akan memungkinan jika seseorang memiliki gen untuk menjadi seorang pelaku wirausaha. Gen yang yang muncul merupakan hasil kombinasi dari gen kedua orang tua yang dapat berpotensi untuk menjadi seorang pelaku wirausaha. Selain itu faktor lingkungan yang dikombinasikan oleh DNA pun dapat menjadi pemicu munculnya karakteristik seorang pelaku wirausaha.”

Perlu diketahui bahwa berdasarkan hasil penelitian ini, gen bukanlah hal mutlak bahwa seseorang cocok menjadi wirausaha ataukah bukan. Terdapat banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi, sepertinya lingkungan, pengasuhan, pendidikan, sumber daya dan sebagainya. Sehingga penting untuk dipahami bahwa mungkin Anda memiliki potensi untuk menjadi seorang wirausaha namun belum terasah.

Baca juga: Wirausahawan Belum Tentu Pemimpin Hebat

Tags: , , ,