Menjadi Tempat Kerja Impian ala Google

Cerita tentang kehebatan Google sebagai tempat kerja idaman setiap karyawan sudah bukan rahasia lagi. Talent-talent yang luar biasa, gaji yang menggiurkan dan kafetaria yang legendaris adalah tiga hal yang selalu disebut ketika orang membicarakan Google.
Tentu saja, masih banyak lagi hal-hal menarik yang belum diketahui secara luas, yang bisa dipelajari oleh perusahaan-perusahaan lain yang ingin mengikuti jejak sukses Google sebagai tempat kerja terbaik.

Fortune.com mencatat 8 hal yang membuat Google kembali menempati urutan teratas daftar tahunan 100 Best Companies to Work For 2008:

1. Scooters are out…bikes are in
Banyak karyawan Google yang pergi ke kantor naik skuter listrik. Tapi, itu belum “seberapa funky”. Belakangan, banyak yang beralih menggunakan sepeda sebagai alat transportasi utama ke tempat kerja.

2. Movie nights
Secara rutin, Google menyewa seluruh teater di bioskop selama sehari penuh untuk memberi kesempatan 6000 lebih karyawannya menyaksikan pemutaran perdana film-film blockbuster. Asyiknya lagi, setiap karyawan boleh membawa teman.

3. Goo-goo Googlers
Perusahaan mana yang lebih peduli pada pasangan muda yang baru melahirkan anak? Tidak hanya sang ibu yang bisa menikmati cuti melahirkan (dan tetap digaji) selama 18 minggu, tapi sang ayah pun juga diberi cuti 7 minggu.

4. Google’s own Facebook
Intranet Google, yang bernama Moma menyediakan semua informasi mengenai perusahaan, newsletter internal dan buku pegangan baru bagi karyawan. Fasilitas ini sering dimanfaatkan oleh karyawan untuk mencari informasi  tentang karyawan lainnya. Bayangkan, direktori ini memuat foto dari 15 ribu lebih karyawan Google. Mau mencari jodoh atau sekedar teman kencan? Tak perlu ke mana-mana.

5. Google air
Panel-panel surya, karpet-karpet daur ulang dan transportasi publik adalah sebagian dari praktik ramah lingkungan yang diadopsi Googe. Di kantor pusat, perusahaan bahkan membuat sistem penyaring udara yang didesain untuk memisahkan racun dan zat-zat berbahaya. Karyawan yang bekerja semalaman di dalam ruangan tertutup tak perlu khawatir karena udara yang dihirup sangat bersih.

6. Google’s Fools!
Ketika Google meluncurkan Gmail pada 1 April 2004, banyak karyawan mengira itu hanyalah lelucon April Mop. Sebab, kejutan yang lucu dan kreatif telah menjadi tradisi di Google setiap 1 April. Tahun lalu, Google mengeluarkan daftar lowongan kerja bagi para engineering di bulan, dan sebuah produk fiktif minuman berenergi untuk otak, Google Gulp dengan aneka pilihan rasa termasuk “Beta Carroty” dan “Glutamate Grape”.

7. Employee clubs
Salah satu media yang dimanfaatkan oleh Google untuk merekrut dan meretensi talent adalah berbagai perkumpulan yang tumbuh di lingkungan perusahaan. Ada Black Googler Network, Google Women Engineers sampai The GLBT – Gay, Lesbian, Bisexual and Transgender Googlers.

8. Free food, Google style
Fasilitas-fasilitas makan malam kelas satu? Ada. Milkshake berbagai rasa dan dan aneka hasil kebun? Ada. Perusahaan bahkan punya peraturan: karyawan tidak boleh berjarak lebih 100 kaki dari makanan! Tempat-tempat snack dan restauran ada di mana-mana.

Tags: