Meningkatkan Retensi dengan Latihan Karate?

Usaha untuk meretensi karyawan memang gampang-gampang susah. Artinya, setiap perusahaan perlu menemukan cara dan program yang sesuai dengan budaya dan kondisi organisasi masing-masing. Namun, proyek yang dilakukan oleh sebuah perusahaan di Inggris ini perlu ditiru. Mungkin kedengarannya tidak begitu lazim, tapi sederhana dan relatif “mudah” dilakukan.
Sebuah perusahaan bernama G4S Security Services di Inggris meningkatkan retensi karyawan yang berjumlah 15.500 orang dengan memberikan pelatihan gratis kepada anak-anak mereka. Pelatihan tersebut berupa pelajaran bela diri karate. Anda boleh tertawa mendengar program retensi yang unik ini. Tapi, setelah itu dijamin Anda akan berpikir, wah ini boleh juga.
Menurut Direktur HR-nya, Valerie Dale, proyek yang diluncurkan pekan lalu tersebut bernilai 1 miliar poundsterling, dan merupakan bagian dari kemitraan yang lebih luas antara British Olympic Association dan perusahaan-perusahaan yang masuk dalam daftar Fortune 100.
Secara umum, program ini dimaksudkan untuk mendorong perusahaan swasta agar mempromosikan olahraga di kalangan karyawan mereka. Sebagai imbalannya, perusahaan mendapatkan keuntungan berupa meningkatnya retensi karyawan.
“Program ini akan membantu perusahaan kami berada satu langkah di depan dibandingkan dengan para pesaing,” ujar Dale yang kebetulan seorang ahli karate itu.
“Kemitraan Olympic Association ini bertujuan agar perusahaan-perusahaan secara proaktif tergerak untuk terlibat dalam kegiatan olahraga. Kami memberi mereka pengetahuan bisnis dan imbal baliknya kami mendapatkan peningkatan engagement karyawan,” tambah dia.
Terlepas dari konteksnya sebagai bagian dari sebuah program kemitraan dengan lembaga olahraga, proyek retensi yang dilakukan G4S tersebut merupakan sesuatu yang inspiratif. Perusahaan lain bisa belajar dengan memodifikasinya sesuai kondisi dan kemampuan masing-masing.

Tags: