Mengintip Gaji Eksekutif

Ingin jadi eksekutif perusahaan? Pergi saja ke Hongkong. Menurut survei, di seluruh kawasan Asia Pasific, negeri bekas persemakmuran Inggris yang telah kembali ke pangkuan China itu menempati urutan tertinggi dalam gaji top executive, yakni sekitar 110% dari rata-rata gaji di negera-negara lain.

Hasil survei yang dilakukan oleh perusahaan konsultan SDM HayGroups itu dipresentasikan dalam seminar setengah hari bertajuk Executive Pay Trend 2007 di Hotel Intercontinental Mid Plaza, Jakarta, Kamis (14/9/06). Seminar tersebut merupakan persembahan HayGroups bekerja sama dengan Swanetwork, sebuah perusahaan manajemen aktivitas perusahaan.

“Sedangkan untuk urusan variable incentives, India menduduki tempat teratas,” kata Direktur HayGroups Indonesia Nugroho Irawan dalam presentasi tersebut. Secara umum, base salary untuk top executive di negara maju (Hongkong, Australia, Singapura) lebih tinggi dibandingan dengan negera berkembang (Malaysia, Indonesia, India).

Untuk Asia Pasific umumnya, sektor industri oil&gas, chemicals&pharmaceuticals serta communication merupakan pembayar paling tinggi. Adapun untuk Indonesia agak berbeda. “Oil&gas tetap di urutan pertama yang menggaji eksekutifnya paling tinggi, tapi di urutan kedua dan ketiga adalah banking dan consumer goods,” kata Nugroho.

Yang barangkali cukup mengejutkan, survei tersebut juga menghasilkan temuan bahwa di luar jabatan CEO, jabatan eksekutif yang mendapat gaji tertinggi adalah corporate secretary dan legal director.

Berikut daftar jabatan eksekutif perusahaan dengan annual base salary tertinggi di Asia Pacific menurut survei HayGroups:

 

 

1. Chief Executive Officer

2. Company Secretary / Legal Director

3. Chief Operating Officer

4. Chief Information Officer

5. Other

6. Division/Subsidiary Head dan Operations Director

7. Research&Development Director

8. Chief Financial Officer

9. Function Head

10. Marketing Director

11. Human Resource Director dan Technical Director

12. Sales Director

 

 

Tags: , ,