Membangun SDM dengan Teknik Belajar Efektif

Lembaga Manajemen PPM (LPPM) akan mengadakan pembekalan Teknik Belajar Efektif kepada anak-anak sekolah menengah di Jakarta untuk membantu usaha-usaha meningatkan prestasi belajar. Acara ini akan digelar secara gratis sebagai bagian dari kepedulian sosial LPPM terhadap masyarakat.
“Ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk menyambut perayaan Ulang Tahun LPPM yang tahun ini menginjak usia yang keempat puluh,” ujar Media Relations Officer LPPM Hendi Suaeb di Jakarta, Jumat (26/1/07). Pembekalan akan dilakukan Minggu (27/107) untuk peserta didik SMP dan Sabtu (3/2/07) untuk peserta didik SMA.
Dijadwalkan, tidak kurang 250 siswa dari 20 SMP dan 20 SMA yang berada di wilayah Jakarta Pusat terlibat dalam kegiatan ini. Namun, perlu dicatat, mereka yang berhak mengikuti pembekalan adalah siswa yang tergolong kurang berprestasi di kelas.
“Setelah itu kita akan pantau terus. Dalam satu semester ke depan, LPPM akan mengevaluasi keberhasilan penerapan program ini,” jelas Hendi.
Pembekalan Teknik Belajar Efektif yang akan diberikan meliputi dua materi pokok, yakni Mind Mapping dan Super Memory. Dengan dua materi ini diharapkan para siswa dapat lebih efektif dalam belajar, terutama dalam kegiatan mencatat, menghafal dan memahami materi yang diajarkan di kelas.
Menurut Hendi, inisiatif LPPM tersebut didorong oleh kondisi umum dunia pendidikan di Tanah Air yang antara lain masih dirundung persoalan seputar ketidakmampuannya membangun SDM yang mampu menjawab tantangan perubahan.
“Prestasi belajar siswa juga sering dijadikan ukuran keberhasilan pendidikan,” tambah Hendi. Padahal, sambung dia, jika sudah berbicara tentang prestasi belajar, tentunya banyak faktor yang terkait. Misalnya, faktor yang dapat memacu prestasi belajar sekaligus faktor yang menghambatnya.

Tags: