Melongok Kurikulum dan Fasilitas Akademi Komunitas Multistrada

Penandatanganan MOU antara PT MSA dengan POLMAN

BERBEKAL ijin dari pemerintah melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 211/P/2012 tentang Perguruan Tinggi Penyelenggaraan Program Studi di Luar Domisili pada tanggal 19 Oktober 2012, PT Multistrada Arah Sarana (MASA), Tbk resmi meluncurkan Akademi Komunitas Multistrada (AK-Multistrada), pada akhir bulan Januari silam.

Dalam tahap persiapan dan operasionalnya AK-Multistrada dibimbing oleh Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (Polman-Bandung) sebagai perguruan tinggi induk. Selain itu AK-Multistrada juga menjalin kerjasama dengan TAFE, yaitu institusi pelatihan dan sertifikasi profesi dari Australia untuk penyelenggaraan sertifikasi profesi bidang Teknik Manufaktur Ban dan sebagainya.

Pendirian AK-Multistrada sendiri merupakan perwujudan dari program tanggung jawab sosial perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja. AK-Multistrada saat ini menyelenggarakan Program Studi Teknik Manufaktur Ban berafiliasi dengan Politeknik Negeri Manufaktur Bandung sebagai mentor.

Di 2013 ini, angkatan pertama berjumlah 38 mahasiswa yang telah dipilih melalui tahap seleksi dari sekitar 400 orang operator di bagian PCR Tyre Building PT MASA. Para instruktur atau pengajarnya sendiri berasal dari praktisi-praktisi profesional yang berpengalaman di industri ban lebih dari 10 tahun sebanyak 20 orang, yang saat ini bekerja di PT MASA.

Perkuliahan tahun pertama ini ditunjang dengan sarana 8 ruang kelas berkapasitas 318 orang, 3 ruang laboratorium komputer berkapasitas 46 orang, perpustakaan dan mesin-mesin produksi di area pabrik untuk media praktikum. Ke depannya, PT MASA sudah menyiapkan lahan untuk kampus AK-Multistrada seluas 9,5 hektar yang berjarak sekitar 5 Km sebelah timur pabrik PT MASA di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Untuk Mahasiswa angkatan pertama sebanyak 38 orang ini akan mengikuti perkuliahan Program Diploma-1 Teknik Manufaktur Ban dengan konsentrasi Tyre Building. Perkuliahan tersebut harus ditempuh selama 12 bulan untuk 20 mata kuliah yang terdiri dari 40 SKS dengan komposisi 65% praktek dan 35% teori.

Selain konsentrasi Tyre Building program Diploma-1 Teknik Manufaktur Ban ini juga dibuka 4 konsentrasi lagi, yakni Compounding, Semi Manufacturing, Tyre Curing dan Tyre Finishing. Di samping program Diploma-I Teknik Manufaktur Ban, AK-Multistrada akan membuka Program studi D-I Teknik Pelayanan Ban serta Penjualan dan Pemasaran di tahun mendatang. (*)

Tags: ,