Melamar Kerja Melalui Ponsel

Sebuah fitur baru dirilis oleh jejaring sosial profesional, LinkedIn, ketika meng-upgrade aplikasinya  untuk mobile platform. Inovasi terbaru ini memungkinkan pengguna untuk melamar pekerjaan langsung dari aplikasi Linkedin dengan menggunakan Bahasa Indonesia.

Caranya pun cukup mudah yaitu dengan mengubah pengaturan bahasa di ponsel ke Bahasa Indonesia, kemudian membuka aplikasi ini. Fitur baru ini dirasa penting bagi pengguna yang ingin melamar kerja dengan segera, tetapi tidak sedang di depan komputer.

“Sebanyak 33% dari pengguna LinkedIn mengakses akun mereka melalui ponsel dan 30% jumlah pekerjaan pun dapat dilihat melalui aplikasi linkedIn pada ponsel,” ungkap Parker Barrile, Vice President Product di LinkedIn dalam blognya.

Baca juga: 5 Industri Ini Paling Diminati Pengguna LinkedIn Indonesia

Awal terbersitnya ide untuk menghadirkan fitur ini dalam aplikasi ponsel, menurut Vaibhav Goel, Product Manager di LinkedIn, adalah terdorong dari masukan maupun saran konsumen bahwa mereka ingin bisa melamar kerja melalui ponsel mereka. Hanya saja, layar handphone kadang terlalu kecil sehingga mereka kesulitan untuk melakukan hal itu. Sebagai solusi dari persoalan tersebut, LinkedIn menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna melamar kerja tanpa perlu melampirkan resume-nya.

Bagi pemilik versi baru tersebut, berikut adalah langkah melamar pekerjaan melalui ponsel via aplikasi LinkedIn:

1. Cari pekerjaan yang Anda inginkan atau pilih dari salah satu rekomendasi pekerjaan yang sudah disesuaikan dengan profil Anda. Dalam setiap posting pekerjaan, Anda memiliki dua pilihan: “Lamar” atau “Simpan Pekerjaan”.

2. Jika Anda sudah siap melamar, klik tombol “Lamar” untuk memeriksa kembali profil LinkedIn Anda. Beberapa pekerjaan akan memiliki tombol “Lamar di website perusahaan” jika perusahaan tersebut mengharuskan pencari kerja untuk melamar melalui situs karier perusahaan mereka.

3. Saat Anda melamar pekerjaan dengan profil LinkedIn, Anda dapat menyunting profil langsung dari ponsel sebelum lamaran tersebut dikirimkan. Jika profil Anda sudah siap dikirimkan, tekan tombol “Berikutnya”.

4. Pada bagian akhir, Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi alamat email dan nomor telepon. Kedua bagian tersebut akan terisi secara otomatis berdasarkan profil LinkedIn Anda. Meskipun demikian, Anda dapat menyunting informasi tersebut dengan mudah, untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki informasi kontak yang benar.

5. Cukup itu saja! Tekan tombol “Kirim” dan LinkedIn akan mengirimkan lamaran Anda.

Versi terbaru dari aplikasi ponsel LinkedIn tersedia untuk ponsel berbasis Android dan iOS.

Baca juga: Strategi Rekrutmen Melalui Linkedin

Tags: ,