Mayoritas Perusahaan Tidak Menaikkan Gaji pada 2010

Performa yang kurang “oke” akibat imbas krisis global 1,5 tahun yang lalu membuat mayoritas perusahaan di Indonesia tidak menaikkan gaji pada 2010. Bahkan, meskipun inflasi kemudian terjadi, banyak perusahaan yang tetap tidak memaksakan diri untuk menaikkan gaji karyawan.

Demikian hasil survei gaji yang dilakukan oleh BTI Consultants. Perusahaan yang tidak menaikkan gaji meliputi sektor usaha yang sangat luas, dari telekomunikasi, IT, farmasi, perbankan, asuransi, logistik, perkebunan, hingga fast moving consumer goods (FMCG).

Hanya sektor minyak dan gas yang malaju sendirian sebagai primadona yang mampu dan berani menaikkan gaji.

Tidak Besar

Mengutip konsultan pada BTI Januar Tenrilenka, Majalah Swa edisi “Survei Gaji 2010” yang terbit hingga 14 Juli 2010 melaporkan, perusahaan yang beruntung bisa menaikkan gaji tahun ini jumlahnya tidak besar.

“Besaran kenaikkan gajinya masih normal. Perusahaan yang wait and see untuk menaikkan gaji tahun ini jumlahnya lebih banyak dibanding tahun lalu,” ujar Januar.

Country Manager BTI Consultants Indonesia Bernadette R Themes menambahkan, awalnya kenaikkan gaji 2010 sekitar 11%. Tapi, akibat laju inflasi yang mencapai 2,78% rata-rata pertumbuhan gaji tergerus menjadi 6%-9% untuk semua sektor industri.

Tiga Sektor Tertinggi

Survei BTI mengungkapkan, ada tiga sektor yang kenaikan gajinya lebih tinggi. Yakni, asuransi (5%-15%), migas (8%-12%) dan perbankan (5%-125). Disusul kemudian sekotar FMCG (6%-11%), perkebunan (7%-10%), IT (5%-10%), logistik (6%-9%), telekomunikasi (5%-9%) dan farmasi (6%-8%).

Menurut Mitra Pengelola Amrop Indonesia Irham Dilmy, perusahaan menahan gaji dengan harapan 2010 kondisi ekonomi jauh lebih baik. Faktanya, beberapa sektor industri masih tersendat, khususnya yang berbasis ekspor.

Bernadette memaparkan, gambaran gaji Indonesia seperti terungkap lewat hasil survei BTI tersebut tidak terlalu buruk. Pascakrisis global, kondisis bisnis dan perekonomian di Indonesia, China dan Thailand lebih bagus daripada negara-negara lain di Asia Pasific.

Rata-rata pertumbuhan gaji di seluruh industri di negara-negara Asia Pasific adalah 6%-7%.

Tags: ,