Manila Electric dan Unilever Thailand Menangkan Asian HC Award 2013

manila electric SHCS 2013

Manila Electric Company (MERALCO) dan Unilever Thailand terpilih menjadi pemenang dalam perhelatan Asian Human Capital Award (AHCA) yang kelima, hari ini (12/9) di Singapura. Seperti tahun-tahun yang lalu, pengumunan pemenang penghargaan ini dilakukan pada hari kedua Singapore Human Capital Summit 2013.

Penghargaan ini disponsori oleh Kementrian Tenaga Kerja Singapura bekerjasama dengan INSEAD, CNBC Asia Pacific, dan Human Capital Leadership Institute (HCLI). Pada tahun ini terdapat 89 peserta dari 58 organisasi di berbagai sektor di Asia. Menurut siaran pers dari penyelenggara, kedua pemenang terpilih karena kinerja yang luar biasa pada pengembangan SDM, yang telah mendorong kinerja dan kesuksesan bisnis.

Proses seleksi telah berlangsung selama 6 bulan sejak Maret 2013. Terdapat 4 area yang menjadi kriteria seleksi: kemampuan menyesuaikan praktik pengelolaan SDM dengan strategi bisnis keseluruhan, inovasi dalam mengembangkan dan menyesuaikan pengelolaan SDM dengan kebutuhan masyarakat lokal, kualitas dalam eksekusi, dan memberikan hasil positif terhadap pencapaian bisnis.

Manila Electric Company (MERALCO)

Melalui praktik bisnis yang berpusat pada SDM, MERALCO sukses mendapatkan skor engagement karyawan dan menyaksikan kinerja yang belum pernah terjadi sebelumnya karena investasi yang dilakukan pada pengembangan kultur inovasi dan engagement.

“SDM kami adalah sumber kekuatan utama kami. Mereka adalah faktor kunci dalam pertumbuhan pesat MERALCO, dan partner kami dalam pembangunan bangsa. Mereka membawa value korporasi kami yang mencerminkan masa lalu dan membangun apa yang diperlukan untuk sukses di masa depan,” ujar Manuel V. Pangilinan, Chairman of the Board, MERALCO.

Unilever Thailand

Unilever berhasil meredesign praktik pengembangan SDM global ke dalam bentuk yang cocok di Thailand dan membuat karyawan dapat berkontribusi positif. Perusahaan yang berusia 80 tahun itu selalu mencetak skor engagement yang tinggi dan hampir dua digit pertumbuhan tahunan.

“Mewakili Unilever Thailand, saya merasa terhormat menerima Asian Human Capital Award untuk pengelolaan SDM. Salah satu yang mendorong ini adalah project “Talent and Organisation Readiness,” inisiatif yang sangat transformasional dan berdampak positif dalam setiap aspek dengan cara bagaimana perusahaan beroperasi,” ujar Bauke Rouwers, Chairman, Unilever Thailand.

Special Commendation Prize: Reliance Retails dan Siemens China

Dua perusahaan Asia lain yang juga menerima penghargaan Special Commendation Prize karena kinerja gemilangnya dan komitmen mereka terhadap praktik pengelolaan SDM adalah Reliance Retails dan Siemens China.

Reliance Retail karena praktik WorkSmart, sebuah program yang diluncurkan untuk meningkatkan pemberdayaan karyawan, meningkatkan kepuasan karyawan, mengurangi turn over dan meningkatkan kinerja secara umum, di tengah situasi bisnis retail yang sangat menantang di India.

Siemens China terpilih karena berhasil mendorong dampak terukur terhadap hasil bisnis melalui pendekatan terintegrasi dalam menarik dan me-retain karyawan, mendayagunakan dua kekuatan bersamaan, Barat dan Asia.

Para pemenang juga menjadi pembicara dalam acara Singapore Human Capital Summit, acara tahunan yang digelar di Singapura. Tahun ini merupakan penyelenggaraan keenam, menghadirkan lebih dari 35 pembicara, berlangsung selama dua hari, dan mengambil tema “People Strategies for Asia: Future-proofing your Organisation.” (*/@mei168)

Tags: ,