Mal Tetap Buka, Karyawan Tak Boleh Kehilangan Hak Pilih

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) mengeluarkan instruksi kepada anggotanya di Indonesia agar memberikan kesempatan kepada karyawan dan penyewa untuk melaksanakan hak pilihnya dalam pemilian presiden, Rabu, 8 Juli 2009 besok.

Menurut Sekjen DPP APPBI Sutoto Soerjadi, asosiasi itu mengharapkan pengelola mal dan peritel mengatur waktu operasional gerai yang ada dalam pusat perbelanjaan, sedemikian rupa agar karyawan yang bekerja di gerai-gerai tersebut tidak sampai kehilangan hak pilih mereka.

“APPBI menganjurkan mal, plaza dan trade center di seluruh Indonesia agar memberi kesempatan kepada karyawan dan tenant untuk melaksanakan hak pilih pada 8 Juli,” kata Sutoto.Ditambahkan, APPBI sendiri tidak menetapkan jam operasional mal pada saat pesta demokrasi digelar besok, dan menyerahkan wewenang sepenuhnya kepada setiap pengelola untuk menetapkan jam operasi.

Namun, dia mengingatkan kepada anggotanya bahwa masyarakat tetap memerlukan pelayanan pada hari pemilu tersebut, sehingga diharapkan mal tetap beroperasi.
“Keputusan meliburkan serta menetapkan jam operasi adalah wewenang manajemen pengelola mengingat masyarakat tetap memerlukan pelayanan pada hari Pemilu,“ ujar Sutoto seperti dikutip Bisnis.com.