Lowongan Kerja HR Meningkat

Pertumbuhan jumlah lowongan kerja yang tersedia di bidang HR mengungguli sektor-sektor lain. Monster Employment Index yang dirilis Rabu (13/1/10) di Inggris memperlihatkan bahwa jumlah iklan online untuk posisi HR naik 8% pada November-Desember 2009.

Meningkatkan angka lowongan kerja HR yang terekam dalam indeks tersebut dimaknai bahwa HR merupakan profesi “indikator utama” untu arah ekonomi secara umum. Dengan “kembalinya” HR di-hire oleh perusahaan, berarti kondisi ekonomi mulai pulih.

Ekonom senior pada Monster Worldwide Jonathan Der kepada Personnel Todaymengatakan, “Indeks tersebut memperlihatkan permintaan pada staf HR telah kembali tinggi mulai akhir tahun lalu.”

“Itu menandakan bahwa perusahaan-perusahaan mulai kembali ke tren dimana pada 2010 ini akan melakukan banyak aktivitas hiring,” tambah dia.

Namun, De mengingatkan, gejala tersebut juga bisa dimakna bahwa perusahaan kini tengah mempertimbangkan untuk menghitung kompensasi bagi pengurangan karyawan yang akan dilakukan pada awal tahun ini.

“Memang, terlalu dini untuk mengatakan dengan penuh percaya diri bahwa maraknya lowongan HR akan berlanjut dengan kebangkitan perekonomian,” kata dia.