Lowongan Kerja 2010 (Masih) Akan Diisi Lulusan Tahun Lalu

Lebih dari seperempat lowongan kerja yang dibuka pada 2010 akan diserbu oleh para lulusan universitas tahun 2009 lalu yang masih belum mendapatkan pekerjaan.

Hanya 74% lowongan pada 2010 yang akan tersedia untuk lulusan pada tahun yang sama. Demikian hasil sebuah studi baru yang dilakukan di Inggris oleh High Fliers Research. Bagaimana pun, prospek kerja pada tahun ini akan lebih baik bagi para lulusan baru.

Laporan hasil penelitian bertajuk The Graduate market in 2010 itu juga menyebutkan, 50% perusahaan akan meningkatkan target rekrutmen mereka pada 2010 dan berharap bisa menyerap lulusan baru 11,8% lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

Menurut laporan tersebut, lowongan terbanyak akan tersedia di perbankan, akunting dan perusahaan-perusahan professional service. Sedangkan kesempatan kerja di perusahaan yang bergerak dalam bidang-bidang consumer goods, engineering dan sektor publik diprediksi turun.

Studi tersebut juga diperluas dengan jajak pendapat terhadap lebih dari 1000 mahasiswa tingkat akhir untuk memperoleh gambaran mengenai concern calon-calon sarjana itu terhadap prospek karier.

Ditemukan, hanya 8% yang yakin bahwa begitu lulus nanti mereka akan mendapatkan pekerjaan sesuai keinginan. Selebihnya, 50% mengaku akan mengambil pekerjaan apa saja yang tersedia, dan seperempat lainnya menyatakan jika terpaksa akan melamar ke perusahaan yang sebenarnya tidak mereka inginkan.

Direktur Pengelola High Fliers Research Martin Birchall mengatakan, merupakan hal yang menggembirakan bahwa perusahaan mulai meningkatkan kesempatan bagi lulusan baru setelah dua tahun belakangan lebih banyak melakukan pengurangan karyawan.