Lebih dari Separo Lulusan SMK Langsung Dapat Pekerjaan

Belakangan ini, pemerintah gencar mempromosikan sekolah menengah kejuruan sebagai alternatif pendidikan untuk mereka yang ingin cepat mendapatkan pekerjaan. Masalahnya, masyarakat tentu perlu bukti. Nah, ini dia buktinya: dari 9 ribu lulusan dari 85 SMK di Bandung, lebih dari separonya langsung terserap dalam dunia kerja.

Fakta itu disampaikan oleh Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMK se-Bandung Supardi dalam seminar bertajuk Peningkatan Efektifitas Kepemimpinan dan Kompetensi Kepala Sekolah SMK di Gedung P4PK IPA , Bandung, Kamis (30/10/2008). Seperti dilaporkan detikcom, Supardi mengungkapkan, sebanyak 9 ribu siswa telah lulus dari 85 SMK di Bandung. Dari jumlah tersebut, 60 persennya, atau 5400 orang, langsung mendapatkan pekerjaan. “Sisanya, 21 pesern meneruskan ke perguruan tinggi dan selebihnya lagi berwirausaha,” rinci dia.

Menurut Supardi, keterampilan yang diperoleh dari bangku SMK memang bisa lansung dipraktikkan dalam dunia usaha. Setidaknya ada lima keahlian yang dibutuhkan dunia kerja, yang telah diantisipasi oleh SMK. Yakni, teknologi industri, manajemen dan bisnis, kreasi seni, pekerjaan sosial, dan pariwisata. “Saat ini dunia kerja yang digeluti para lulusan SMK kebanyakan otomotif, teknologi, bidang jasa, serta perusahaan ritel. Kalau wirausaha, kebanyakan mereka membuka bengkel kecil-kecilan atau counter handphone,” papar dia.

Sementara itu Sekertaris Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMK se-Bandung Agus Rusdiana menegaskan, setiap tahunnya jumla siswa SMK meningkat 25 persen. “Dalam dua tahun terakhir ini, jumlah siswa SMK meningkat. Yang banyak diminati jurusan teknologi informasi, farmasi, dan otomotif,” kata dia.

Tags: