Lebih Banyak Direktur Wanita, Kinerja Perusahaan Lebih Baik

Perusahaan-perusahaan dalam daftar Fortune 500 yang memiliki lebih banyak wanita dalam jajaran pucuk manajemennya memperlihatkan capaian yang lebih baik dalam kinerja keuangan perusahaan, dibandingkan dengan perusahaan yang didominasi pemimpin pria.

Demikian hasil sebuah penelitian yang dilakukan oleh lembaga konsultansi di New York, Catalyst. Studi yang dilakukan selama 4 tahun itu menemukan bahwa perusahaan-perusahaan dengan proporsi perempuan lebih besar dalam jajaran pimpinan menghasilkan equity return 53% lebih tinggi.

Lebih jauh menyangkut return tersebut, laporan penelitian yang bertajuk The Bottom Line: Corporate Performance and Women’s Representation on Boards itu juga menemukan, pada perusahaan dengan banyak perempuan di jajaran pimpinan, return pada sales dan pada investasi kapital juga lebih tinggi.

Secara rata-rata, perusahaan-perusahaan yang didominasi wanita pada dewan direkturnya, mencatatkan prestasi sedikitnya 66% untuk return pada investasi kapital, dan 42% untuk return pada sales.

Laporan tersebut menyimpulkan bahwa memiliki 3 atau lebih direktur wanita merupakan langkah awal bagi perusahaan untuk mencapai kekuatan kinerja di atas rata-rata.

Hal tersebut dikuatkan oleh sebuah riset lain yang menemukan bahwa eksekutif wanita yang bekerja di perusahaan yang dipimpin wanita mendapatkan kompensasi total 15-20% lebih besar dibandingkan dengan wanita yang bekerja di perusahaan lain.

Di samping itu ditemukan juga bahwa wanita di pucuk pimpinan perusahaan bisa sangat efektif dan kuat menginspirasi wanita-wanita lain di jajaran eksekutif untuk sukses.

“Jadi jelas bahwa segi finansial akan terukur tinggi di mana ada wanita di dewan pimpinan perusahaan,” ujar Presiden Catalyst Ilene H. Lang.

“Studi yang kami lakukan memperlihatkan korelasi yang sangat kuat antara kinerja keuangan perusahaan dengan keberagaman gender,” tambah dia.

“Kita tahu bahwa keberagaman, jika dikelola dengan baik, akan memberikan hasil-hasil yang lebih baik pula. Dan, perusahaan yang cerdas menghargai bahwa memberagamkan jajaran pimpinan mereka dengan direktur wanita bisa lebih melahirkan independensi, inovasi, good governance dan memaksimalkan kinerja.”

Tags: