Leader Harus Membantu Karyawan untuk Sukses

goenawanloekito

Marketing Director Oracle Indonesia Gunawan Loekito mengatakan, tugas pemimpin (leaders) adalah membantu karyawannya untuk sukses. Dalam suasana uncertainty, seringkali leaders menunda bahkan tidak membuat keputusan padahal suatu keputusan harus dibuat. Menurut Gunawan masalah salah atau benar yang terpenting ialah membuat suatu keputusan, selain itu harus dipikirkan impact dari keputusan yang dibuatnya itu.

Hal itu disampaikan Gunawan dalam acara HR “Meet & Talk” yang diselenggarakan Perhimpunan Manajemen Sumber Daya Manusia (PMSM) hari Rabu (21/11) yang lalu. Acara yang bertema Other Option For Leadership Development Programs ini dilaksanakan di FX Sudirman Jakarta.

“Siapapun yang ingin menjadi good leaders harus memanage Emotions, Time, Priorities, Manage Energy, dan Personal live,” tambah Gunawan.

Saat diskusi berlangsung, Gunawan menyampaikan ada lima tingkatan dalam kepemimpinan, yaitu: Position (Rights), Permission (Relationship), Production (Result), People (Reproduction), dan Personhood (Respect).

Ia mengungkapkan, kita semua memiliki banyak potensi untuk menjadi leader. Namun, apakah kita telah menginvest diri kita untuk menjadi leader? Kebanyakan tidak, kebanyakan dari kita mengcreate followers atau kebanyakan dari kita mengcreate orang lain untuk menjadi leader.

Banyak orang ingin menjadi leader, namun yang bisa menjadi leader hanya sedikit, banyak teori namun mereka tidak melakukannya. Karena itu menurut Gunawan, sebaiknya kita memprioritaskan kita ingin menjadi apa. Jika kita hanya mampu menjadi followers maka jadilah followers. Sejatinya leader itu seperti piramid, yang bisa berada di sana hanya orang-orang terbatas saja.

Gunawan juga mengatakan jika telah menjadi leader, Manage people with heart. Namun, jika kita ingin memanage diri sendiri maka manage people with brain, yang berarti harus logik dan prosedural. Ia memberikan contoh jika kita melakukan bisnis, namun kita hanya menggunakan hati, maka bisnisnya tidak bisa berjalan. Karena di satu posisi perusahaan memiliki tujuan, jadi setting goal agar bisa tercapai, jika tidak bisa dicapai maka perbaiki dengan hati.

Tags: ,