Kurangi Pengangguran, Shell Gelar Lomba Kewirausahaan

PT Shell Indonesia mencari para entrepreneur (wirausaha) muda pemula (18-32 tahun) se Jawa dan Bali Indonesia untuk berlomba di ajang Shell Livewire Business Start-up Awards (BSA) 2010. Perhelatan ini diharapkan bisa memberikan inspirasi bagi anak muda Indonesia lainnya untuk memberdayakan diri dengan berwirausaha.

President Director dan Country Chairman PT Shell Indonesia Darwin Silalahi mengatakan, pihaknya ingin berperan positif mengembangkan ekonomi Indonesia, khususnya mengurangi angka pengangguran di kalangan anak muda.

“Kami berharap Shell Livewire BSA 2010 dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi kalangan muda Indonesia untuk berbuat, berkarya, dan memberi manfaat bagi diri dan lingkungannya,” papar dia.

Dijelaskan, Shell Livewire BSA 2010 akan menitikberatkan penilaian pada aspek kewirausahaan, situasi bisnis, dan perencanaan ke depan. Sebagai hadiah, disediakan Rp 20 juta per orang untuk maksimal 10 pemenang. Ini merupakan ajang tahunan dan Darwin berharap tahun ini lebih banyak entrepeuner muda yang mendaftar dibandingkan pada 2009.

Tahun lalu, lebih dari 300 wirausaha muda mendaftar untuk ajang ini, dan lima pemenangnya juga dipilih oleh Majalah “Business Week” sebagai The Best Asia’s Young Entrepreneur’s of the Year.

Pendaftaran untuk Shell Livewire BSA 2010 sudah dibuka sejak 1 Februari lalu, dan ditutup pada 10 April 2010.

Menurut survei Sosial Ekonomi Nasional (Agustus 2009), dari 113,83 juta penduduk Indonesia yang masuk angkatan kerja, terdapat 7,87 persen atau 8,96 juta orang yang masih menganggur. Adapun yang bekerja penuh dan setengah menganggur mayoritas (97,1 persen) bekerja pada usaha berskala mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, pelaku usaha kecil mencapai 520.220 unit, usaha menengah 39.660 unit, dan usaha besar hanya 4.370 unit. Dengan demikian, keseluruhan wirausaha berbentuk usaha formal berjumlah 564.250 unit atau 0,24 persen dari penduduk Indonesia.

Tags: