Krisis Ekonomi, Peluang bagi Indonesia

ppm 1st day

Untuk kelima kalinya PPM Manajemen menggelar acara tahunan “Human Capital National Conference 2012”, mulai hari ini bertempat di Kampus Gedung Baru PPM, Jakarta. Acara akan berlangsung selama 2 hari.

Menurut Direktur Utama PPM Manajemen, Andi Ilham Said, Ph.D., dalam sambutannya, krisis ekonomi tampaknya belum usai dalam waktu dekat, menyusul giliran negara-negara Eropa yang kini juga tengah kesulitan. Hal ini memicu terjadinya proses restrukturisasi ulang dinamika bisnis global.

“Bagi Indonesia, kenyataan ini bisa dilihat sebagai ancaman tapi sekaligus peluang. Peluang, karena dengan begitu perusahaan lokal dapat mitra tanding yang berat sehingga mendorong adanya inovasi berkelanjutan,” ujarnya.

Andi melanjutkan, mestinya perusahaan Indonesia dapat selamat karena sudah terbukti telah berhasil bertahan di tengah badai krisis yang datang silih berganti. “Namun juga harus diwaspadai sebagai ancaman karena kekuatan perusahaan asing yang biasanya telah didukung oleh kekuatan modal, teknologi, human capital, dan informasi yang lebih mapan dan lebih siap,” tambahnya.

Andi lantas menyinggung peran PPM Manajemen dalam proses transformasi dan inovasi yang dapat dilakukan di tingkat organisasi maupun individu. Di hari pertama HC National Conference tampil pembicara Gindo Tampubolon, Ph.D., research fellow University of Manchester, Ignasius Jonan, President Director of PT KAI (persero) dan Handry Satriago, CEO GE Indonesia. (*)

 

Tags: ,