Kota-kota di Eropa Paling Berkualitas bagi Karyawan

Sejumlah kota di Eropa kembali mendominasi daftar 25 besar lokasi yang memiliki kualitas terbaik bagi kehidupan para karyawan. Daftar tersebut merupakan hasil riset tahunan yang dilakukan oleh lembaga konsultan HR global Mercer atas 221 kota di seluruh dunia.

“The 2010 Quality of Living Survey” tersebut mengungkapkan, 16 kota di Eropa masuk ke dalam daftar, tiga di antaranya bahkan menjadi yang teratas. Vienna bertahan di posisi puncak dari tahun lalu, menyusul Zurich di peringkat kedua dan Geneva di nomor tiga.

Survei tersebut dimaksudkan untuk membantu pemerintah di negara-negara yang bersangkutan serta perusahaan-perusahaan besar untuk memberikan kompesasi secara layak ketika mempekerjakan orang asing.

Peneliti Senior pada Mercer Slagin Parakatil mengatakan, “Seiring dengan semakin mengglobalnya perekonomian dunia, kota-kota yang sebelumnya merupakan pusat-pusat keuangan tradisional mulai bangkit dan tumbuh menjadi tempat-tempat yang menarik untuk ekspansi atau membuka bisnis.”

“Kota-kota yang kini tengah menjadi pasar-pasar yang sedang tumbuh, seperti di Timur Tengah dan Asia, menjadi sasaran penting bagi perusahaan-perusahaan asing dan karyawan ekspatriat dalam beberapa tahun terakhir,” tambah dia.
Adapun 10 besar kota dengan kualitas hidup terbaik bagi karyawan:

1. Vienna

2. Zurich

3. Geneva

4. Vancouver

5. Auckland

6. Dusseldorf

7. Frankfurt

8. Munich

9. Bern

10. Sydney