Komunikasi yang Efektif Tingkatkan Komitmen Karyawan

Komunikasi yang baik dari jajaran manajer tidak hanya bisa mendorong keberhasilan proses-proses yang terjadi di bottom line, melainkan juga akan menciptakan kondisi ketenagakerjaan yang penuh komitmen. Penelitian yang dilakukan Watson Wyatt atas 264 perusahaan berhasil mengindentifikasi adanya 6 praktik komunikasi yang mendorong lahirnya para top performer.

Diakui, sebagian dari praktik tersebut bukanlah hal baru. Bahkan, secara khusus tidaklah inovatif. Namun, jika perusahaan memfokuskan diri pada praktik-praktik tersebut, diyakini hasilnya akan benar-benar berbeda. Riset tersebut menemukan, perusahaan-perusahaan yang memiliki program-program komunikasi yang efektif rata-rata menghasilkan “total return to shareholders” (dari 2002 hingga 2006) 47% lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang komunikasinya kurang efektif.

Di samping itu, perusahaan dengan praktik komunikasi yang baik dilaporkan memiliki tingkat employee engagement empat kali lebih tinggi dibandingkan dengan yang komunikasinya buruk. Enam praktik komunikasi yang diidentifikasi Watson Wyatt bisa memberikan kinerja tinggi pada perusahaan adalah:

1. memfokuskan manajer dan karyawan pada kebutuhan-kebutuhan customer

2. meng-engage karyawan dalam menjalankan bisnis

3. membantu manajer untuk berkomunikasi secara efektif

4. mendorong komunikasi internal para talent untuk mengelola perubahan secara lebih efektif

5. mengukur pengaruh komunikasi karyawan

6. mem-brand-kan pengalaman karyawan

“Perusahaan-perusahaan berkinerja tinggi memperlakukan komunikasi sebagai penggerak utama bisnis,” ujar Direktur Global Watson Wyatt bidang Komunikasi Kathryn Yates. “Mereka menggunakan komunikasi untuk mendidik para manajer dan meng-engage karyawan dalam menjalankan bisnis, dengan menyediakan line-of-sight yang menghubungkan mereka pada kebutuhan-kebutuhan customer dan tujuan-tujuan bisnis,” tambah dia.

Lebih jauh Yates berharap, hasil penelitian ini bisa memberikan insight kepada para pemimpin perusahaan mengenai apa yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan “top-performing”. Yates meyakini, program-program komunikasi yang efektif akan memberikan perbedaan yang nyata dalam hubungan-hubungan antara pimpinan dan karyawan. “Perusahaan-perusahaan dengan komunikasi yang efektif memiliki karyawan yang engaged dan hasil-hasil finansial yang bagus,” simpul dia.

Tags: ,