Kompetisi Ubah Cara HR Kelola Karyawan

Kompetisi bisnis yang kian sengit menuntut para pemimpin HR untuk mengubah cara mengelola karyawan. Dalam bisnis kartu seluler misalnya, hal itu sangat terasa. HR harus mampu mengaitkan perang tarif dengan strategi manajemen HR, sejak proses rekrutmen dan seleksi.
Demikian diungkapkan oleh Group Head Human Capital Management PT Indosat Tbk Gandung Anggoro Murdani dalam acara HR Expo 08 yang digelar Intipesan di Hotel Borobudur, Jakarta, 19-20 November. Gandung berbicara pada sesi seminar bertajuk “Effective Selection for New Employee”.
Dengan mengangkat pengalamannya mengelola karyawan di Indosat, Gandung menegaskan bahwa strategi HR harus mampu menjawab tantangan bisnis. Dalam kasus bisnis kartu selular, menurut Gandung, tarif murah yang didasarkan pada prinsip cost leadership tidak akan bertahan selamanya.
“Tarif murah tak akan bisa terus-menerus, sehingga HR harus menyiapkan dari sekarang inovasi-inovasi untuk menghadapi kompetisi ke depan. Artinya, harus ada investasi di sini, untuk pengembangan SDM, yang dimulai dari rekrutmen saat ini,” papar alumnus Teknik Elektronika ITB itu.
Menurut Gandung, untuk ke depannya, cost leadership perlu diimbangi dengan deferensiasi, dan itu perlu SDM yang harus dipersiapkan dari sekarang. “Ketika tarif murah, mungkin produk tak perlu dipromosikan sudah laku. Tapi, untuk ke depannya tak bisa terus begitu,” ujar dia.
Bila cost leadership menggantungkan kompetisi berbasis tarif rendah, deferensiasi lebih bertumpu pada kompetisi yang berbasis pada kualitas produk atau pelayanan atau citra yang ekslusif. Untuk itu, perlu dipersiapkan para talent yang memiliki kompetensi sebagai kreator, dan bukannya sekedar mampu menciptakan efisiensi.
Lebih jauh ditegaskan, rekrutmen dan seleksi pada dasarnya merupakan tahapan yang biasa. Masalahnya, bagaimana tahapan tersebut sesuai dengan tuntutan untuk mampu menjawab tantangan. Untuk tahapan ini, Gandung mengungkapkan, Indosat menempuh proses yang standar, dari tes tertulis, wawancara manajemen, tes kesehatan, pendidikan dasar, orientasi unit kerja hingga pengangkatan percobaan.
“Khusus untuk tes tertulis, kita bermintra dengan pihak ketiga, ” tambah dia. Adapun untuk sumbernya, Indosat memiliki tiga metode rekrutmen, yakni campus hiring, direct appointment dan outsourcing, untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda-beda tingkatannya.

Tags: ,