Kerjadulu, Pertemukan Kandidat dan Perusahaan Melalui Jejaring Sosial

kerjadulu

kerjadulu

Social recruitment adalah tren baru di dunia rekrutmen, di mana koneksi dan jejaring seseorang  menjadi semakin penting sebagai penunjang kesuksesan karir. Kerjadulu.com, sebuah situs jejaring sosial karir diluncurkan bulan Januari yang lalu untuk menjawab tren ini.

Menurut Christian Liu, founder dan CEO Kerjadulu.com, masa depan rekrutmen adalah “social”. Karena itulah, situs ini tidak hanya menampilkan papan lowongan kerja (job board) saja, tetapi juga menggabungkan fitur-fitur penting social media.

Di situs ini para profesional dapat mengunggah profilnya secara gratis seperti halnya di Linkedin. Setelah melengkapi data resume-nya, pengguna dapat melakukan dua hal, yaitu: get connected dan get a better job. Pengguna juga dapat mengikuti perusahaan yang diminati atau dikagumi dan meng-update aktivitas terbarunya di sini.

Baca juga: LinkedIn Tembus 50 Juta Pengguna di Asia Pasifik

Secara otomatis resume pengguna akan direkomendasikan kepada perusahaan yang menyediakan lowongan yang cocok. Dengan cara ini perusahaan dapat mendapatkan kandidat yang lebih tepat sesuai dengan kebutuhannya.

Menurut Chris Liu yang ditemui PortalHR.com baru-baru ini, saat ini jumlah data profesional yang masuk ke KerjaDulu sudah mencapai 87.000. Sementara perusahaan yang sudah menayangkan lowongan baru 10. Hal ini menurut Liu, sudah banyak perusahaan yang mendaftar, namun masih dalam proses verifikasi.

“Kami harus memastikan, perusahaan yang terdaftar di sini adalah perusahaan yang memiliki legalitas hukum misalnya,” jelas Liu.

Liu sendiri adalah putra Indonesia yang telah berkarir di luar negeri lebih dari 20 tahun. Dia merintis bisnis digital di Taiwan dan selama bertahun-tahun telah menuai banyak prestasi serta penghargaan, di antaranya Best Startup Entrepreneur of the Year dari Presiden Taiwan Ma Ying Jeou dan Top 10 Most Promising Manager of the Year oleh Wakil Presiden Taiwan, Vincent C. Siew. Pada tahun 2012, dia memutuskan untuk kembali ke tanah air dan membangun KerjaDulu.

Mengapa Chris Liu memilih membuka bisnis di bidang rekrutmen? Suatu hari tidak lama setelah kembali ke tanah air, kebetulan dia berkesempatan menghadiri sebuah job fair. Alangkah tersentuhnya ketika dia melihat para pelamar yang duduk-duduk di lantai sambil menulis resume. Di saat itulah muncul ide untuk membuat sebuah situs yang berhubungan dengan rekrutmen.

“Saya sudah lama di industri digital di Taiwan. Namun untuk di Indonesia, baru belakangan ini saya melihat dari sisi infrastruktur dan lain-lain, pasar sudah siap. Tapi belum tahu, mau buat apa ya? Ketika melihat job fair itulah, hati saya tersentuh,  dan saya ingin membuat bisnis di bidang rekrutmen,” ungkap Liu kepada PortalHR.com.

Liu mengklaim situs KerjaDulu dibuat dengan teknologi paling baru serta mudah digunakan. Salah satu fitur menarik adalah penambahan cita rasa lokal dalam bentuk tombol “Mantap” sebagai pengganti “Like” seperti yang ada di Facebook. (*/@mei168)

Baca juga: 50% Perusahaan Gagal Gunakan Social Media untuk Rekrutmen

Tags: ,