Kenyamanan Kantor Kunci Kepuasan Karyawan

Banyak perusahaan melakukan survei untuk mengetahui tingkat kepuasan karyawan terhadap pekerjaan mereka. Banyak faktor memang, yang mempengaruhi kebahagiaan karyawan. Tapi, pernahkah Anda berpikir bahwa kondisi fisik ruangan kantor juga termasuk faktor penting dalam hal ini?
Menurut sebuah survei baru, selain gaji dan “job secuity”, hal yang paling dicari oleh karyawan adalah kenyamanan di tempat kerja.
Survei bertajuk What Workers Want yang dilakukan oleh Savills, Inggris tersebut melaporkan, kondisi-kondisi ruangan kantor merupakan hal terpenting bagi karyawan. Sebesar 82% responden menyebut “comfort”, “penerangan” dan “suhu” sebagai unsur-unsur kuncinya.
“Banyak perusahaan semakin peduli masalah retensi karyawan, selain dengan memperhatikan fleksibilitas kerja dan gaji juga semakin memberi perhatian yang besar pada fasilitas-fasilitas kantor seperti ruang senam misalnya,” ujar Direktur Savills Marie Hickey.
“Riset kami, dalam konteks ini, menunjukkan bahwa properti dasar seperti lampu dan pendingin ruangan merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Sekaligus ini menjadi masukan berharga bagi kalangan investor dan pengembang gedung perkantoran,” tambah dia.
Selama ini, perusahaan lebih fokus pada hal-hal seperti gaji, kesempatan berkembang bagi karyawan dan “job security” ketika bicara tentang kepuasan karyawan. Tentu saja faktor-faktor tersebut sangat penting. Namun, melupakan hal-hal “kecil” yang terkesan “remeh” yang lebih bersifat fisik rasanya naif juga.
Seiring dengan semakin tingginya kesadaran orang terhadap kualitas hidup, belakangan telah berkembang apa yang disebut Work-Related Quality of Life sebagai perangkat “baru” bagi perusahaan untuk mendapatkan keuntungan kompetitif dalam rekrutmen dan retensi karyawan.
Pendekatan tersebut menuntut perusahaan untuk lebih memperhatikan lingkungan fisik tempat kerja (bangunan, suhu, kenyamanan) hingga kemudahan-kemudahan bagi karyawan, seperti transportasi menuju kantor dan areal parkir.

Tags: