Karyawan Tidak Merasa Bersalah Bolos Karena Piala Eropa

eurocup-ID-2-final

Perhelatan sepak bola Piala Eropa baru saja berlalu. Karena perbedaan waktu dengan tempat penyelenggaraan di Eropa, banyak pekerja di Asia Tenggara terpaksa kurang tidur demi menonton live pertandingan-pertandingan yang sebagian besar dilakukan pada lewat tengah malam tersebut. Bagaimana pengaruhnya terhadap produktivitas di tempat kerja?

Jobstreet, perusahaan penyedia layanan rekrutmen online mengadakan survei kepada perusahaan-perusahaan yang menjadi kliennya di Asia Tenggara. Hasil survei tersebut cukup mengejutkan, karena ternyata banyak yang tidak masuk kerja dengan alasan menonton pertandingan dan perusahaan tidak terlalu mempermasalahkan hal tersebut.

Infografik dari Jobstreet di bawah ini menunjukkan, responden yang paling banyak merasa tidak bersalah karena bolos dengan alasan menonton pertandingan adalah responden Singapura (64%), disusul Filipina (50%), Thailand (44%), Malaysia (40%), dan Indonesia (35%). Ternyata, di antara responden, Indonesia adalah yang paling sedikit prosentasenya yang merasa tidak bersalah karena membolos karena menonton Piala Eropa.

Di antara responden, orang Thailand ternyata paling rajin, karena 56% mengatakan mereka tidak akan membolos selama event berlangsung.

Hampir semua responden mengatakan produktivitas mereka tidak menurun di tempat kerja walaupun adanya gangguan atau tidak hadir di tempat kerja yang dilakukan rekan kerjanya. Mungkin karena itulah para karyawan yang membolos tidak merasa bersalah.

Para responden juga memberikan solusi untuk mengurangi ketidakhadiran karyawan, yaitu:

1. Memberlakukan jam kerja yang fleksibel

2. Mengijinkan karyawan bekerja dari rumah

3. Menayangkan siaran ulang pertandingan pada jam istirahat

Menariknya, lebih dari 90 persen responden lebih memilih memiliki bos laki-laki selama event seperti piala Eropa ini berlangsung. Lho lho…? Mungkin karena bos laki-laki akan lebih memahami “demam” sepakbola ini. Simak infografik selengkapnya di bawah ini.

Tags: , , , ,