Karyawan Farmasi Tak Pernah ke “Lain Hati”

Orang-orang yang bekerja di sektor IT, konon, mudah sekali berpindah tempat kerja. Lalu, karyawan bidang industri apa yang masih cukup loyal di zaman mobilitas tinggi seperti saat ini? Sebuah survei baru menjawab: karyawan bidang farmasi dan kesehatan.
Separo dari karyawan tidak pernah mempertimbangkan untuk meninggalkan pekerjaan yang berkaitan dengan dua bidang tersebut.

Lebih dari 3 dari 10 karyawan dalam bidang medis dan obat-obatan telah berkarir lebih dari 10 tahun dalam industri yang bersangkutan. Dan, separo mengklaim tidak pernah mempertimbangkan untuk pindah ke “lain hati”. Demikianlah temuan-temuan dari survei yang dilakukan oleh sebuah  job site bidang farmasi eMedCareers.co.uk yang melibatkan 1.000 orang karyawan.

Ditemukan juga bahwa alasan utama untuk bekerja di bidang perawatan kesehatan adalah membantu orang yang membutuhkan pertolongan (57%) dan pengembangan karir yang bagus. Lebih jauh, survei mendapati, 4 dari 10 responden menyatakan bahwa kemampuan untuk terus-menerus menolong orang lain merupakan alasan mereka loyal kepada perusahaan.

Seperempat lainnya loyal karena menyukai perkembangan karir mereka di bidang yang ditekuninya itu. Sementara, 21% dan 13% mengatakan, paket-paket insentif dan benefit adalah alasan utama mereka kerasan bekerja di sektor itu.

Tak kalah menarik, 6 dari 10 responden percaya, industri farmasi dan medis membutuhkan peningkatan citra melalui dialog publik yang lebih terbuka dan jujur.
Direktur eMedCareers Eric Potts mengatakan, “Terlepas apakah industri ini masih bermasalah dengan citra seperti diungkapkan oleh sebagian responden, keterbukaan yang lebih besar bisa membantu menarik kandidat potensial dan kaliber tinggi dari bidang industri lain.”

“Meskipun diikat oleh aturan-aturan, perusahaan-perusahaan farmasi bisa, dan seharusnya, menjadi lebih transparan dan menonjolkan kesempatan-kesempatan menarik yang terkandung di sektor itu. Termasuk, skala gaji yang tinggi, peningkatan karir yang bergengsi dan struktur perusahaan yang bagus,” tambah Potts.

Tags: