Kapan Anda akan Resign, Kini Bisa Diprediksi

Sebuah perusahaan startup digital Evolv bekerjasama dengan Wharton School akan menggunakan “big data” untuk memprediksikan kapan Anda akan mengundurkan diri dari pekerjaan Anda sekarang.

“Big data” adalah istilah terkini untuk semua data yang dibagikan konsumen ke jagat maya, seperti apa yang mereka sukai, bagaimana perasaan mereka, dan sebagainya.

Melalui pengolahan “big data” ini, tools yang dibuat Evolve dapat membantu pencari kerja mencari pekerjaan yang paling cocok untuk mereka, dan membantu perekrut menemukan talent yang tepat.

Tools ini bukan untuk peningkatan produktivitas seperti SuccessFactors dari SAP atau Taleo dari Oracle. Tools ini dirancang bersama Center of Human Resources dari Wharton School untuk memahami (dan potensial untuk mengurangi) tingkat turn over yang tinggi di Amerika.

Ada dua faktor utama yang menyebabkan tingkat turn over yang tinggi: pekerjaan yang tidak sesuai dengan skill karyawan, atau tidak cocok secara budaya. Masalah paling umum adalah karyawan tidak dibekali kemampuan memadai untuk pekerjaan, kompensasi yang tidak  memadai, atau bekerja di bawah supervisor yang suka mem-bully. Dengan data yang cukup, Evolv percaya dapat mencegah problem ini terjadi, dan menempatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat.

Sejak diluncurkan tahun 2007, perusahaan ini telah membantu beberapa perusahaan besar seperti Xerox dalam menemukan talent yang tepat dan meningkatkan produktivitas. Team data Evolv akan mengambil sejumlah data termasuk data kinerja dan riwayat kandidat, lalu mengkombinasikan dengan faktor-faktor perekonomian seperti harga BBM, dan angka pengangguran nasional. Untuk menambahkan pada data tersebut, mereka juga meanmbahkan data survei penggunaan social media, riwayat pekerjaan, sikap kepribadian dan kompetensi.

“Model ini akan memprediksikan kemungkinan kapan Anda akan resign berdasarkan segala yang kami ketahui tentang Anda dan posisi Anda,” ujar Michael Housman, managing director of analytics pada Evlov seperti dikutip dari Venture Beat.

Dikutip dari sumber yang sama, berikut ini beberapa wawasan menarik yang ditemukan tentang dunia pekerjaan:

– Orang-orang dengan catatan kriminal ternyata dapat menjadi karyawan yang baik

– Keberhasilan seorang individu dapat diprediksi berdasarkan kinerja manajernya

– Karyawan dengan dua akun social media mempunyai kinerja tinggi, tetapi yang memiliki lebih atau kurang dari dua cenderung tidak sukses

– Gelar perguruan tinggi bukan prediktor kesetiaan seorang karyawan. Sifat seperti dapat diandalkan dan rasa ingin tahu memberikan sinyal yang lebih kuat.

Melalui kerjasama dengan Wharton, Evolv berharap dapat semakin menyempurnakan algoritma dan menjawab tantangan yang lebih kompleks.

Tags: , ,