Kantor CIPD Asia Dibuka di Singapura

CIPD, satu-satunya Chartered HR professional institute di dunia, resmi membuka kantor pusat Asia di Singapura. Pembukaan CIPD diumumkan oleh Goh Chok Tong, emeretius senior minister yang bertepatan dengan event Singapore Human Capital Summit, 28-29 September yang lalu.

Kantor CIPD sendiri berpusat di Inggris, telah berpengalaman lebih dari 100 tahun dengan 135.000 member di 120 negara. Sementara kantor di Singapura adalah kantor pertama yang dibuka di luar Inggris dan Irlandia. CIPD Asia hadir untuk memberikan akselerasi bagi praktisi HR dan membantu memberikan pengalaman kepada praktisi HR ke kancah global.

Atas prestasi Singapura yang dipercaya sebagai kantor pertama di luar negeri, Goh mengatakan bahwa CIPD akan memberikan kontribusi bagi Singapura yang memang berniat menjadikannya sebagai negara hub atas pengayaan human capital ecosystem.

“Saya berharap CIPD bisa membantu proses bisnis di kawasan dan membawa keunikan tersendiri dari strategi HR di Asia,” ucap Goh.

Sarah Miles, Managing Director CIPD Asia merasa terhormat atas kesediaan Goh Chok Tong meresmikan kantor CIPD di Singapura ini sebagai kantor pusat di Asia.

“Melalui kantor kami di sini, dan gambaran tentang standar kami tentang global professional, kami hadir dengan tujuan untuk mendukung dan memberikan kontribusi bagi pengembangan HR professional di Asia. Seperti kita tahu HR adalah profesi global, dan kami meniatkan diri untuk menggunakan kantor kami ini dalam mendorong pengembangan profesi, serta akreditasi CIPD bagi para praktisi HR di Singapura maupun seluruh Asia,” ujarnya.

Sarah menyambung, pihaknya telah bekerja sama dengan pihak lokal untuk mengusung lebih banyak kualifikasi langsung di Asia. “Kami juga ingin menciptakan HR talent pipeline, serta mendukung penuh dari ambisi yang jelas dari pemerintah Singapura untuk mendirikan kota ini sebagai pusat talent di Asia,” katanya.

Sarah juga mengakui Asia saat ini adalah kawasan yang tercepat di dunia dalam hal pertumbuhan ekonominya, serta di mana banyak ditemukan inovasi-inovasi maupun inspirasi dari praktek HR di dalam sebuah organsiasi. “Kita telah melihat banyak contoh  melalui riset kami dalam next generation HR Asia. Kami bertekad bahwa best practice HR di Asia akan berperan penuh dalam mendorong pengembangan profesi HR global,” tukas Sarah.

Lebih lanjut Sarah menjelaskan bahwa prioritas langsung CIPD Asia meliputi empat hal. Pertama, membangun kemitraan dengan lembaga pendidikan tinggi di Singapura dan di seluruh Asia untuk memberikan lebih banyak pelatihan CIPD secara global dan berkualifikasi. Kedua, memperkenalkan CIPD secara global dan diakui sebagai organisasi internasional yang terakreditasi bagi para profesional HR di Singapura dan di seluruh Asia.

Ketiga, lead research, di mana dalam kemitraan yang erat dengan organisasi, CIPD akan mengidentifikasi dan mempromosikan inovasi global yang relevan dan praktek terbaik dalam kepemimpinan bisnis Asia dan praktek SDM, serta bekerja dengan organisasi untuk mempercepat penyebaran yang lebih luas dan pelaksanaan inovasi dan best practice.

“Kami berkomitmen untuk keduanya dengan menginformasikan dan aktif mendukung upaya pemimpin bisnis dan profesi SDM di wilayah ini pada isu-isu yang paling penting bagi mereka dalam hal pekerjaan,” ujar Sarah.

Hal lain yang juga menjadi prioritas, masih menurut Sarah, CIPD akan mendukung pemerintah Singapura yang telah bertekad menjadikan Singapura sebagai “talent hub for Asia” dengan mengembangkan jaringan bakat SDM lokal dengan kemampuan yang terakreditasi untuk berlatih pada tingkat internasional.

Tags: , ,