Jumlah PKB Terus Meningkat

Jumlah perusahaan di Indonesia yang telah menandatangani Perjanjian Kerja Bersama (PKB) terus meningkat. Hingga April 2010 jumlah PKB yang diteken mencapai 10.667 perusahaan, sementara pada 2008 hanya 10.501 dan 2007 hanya 9.756 perusahaan.

Demikian diungkapkan oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar saat memberi sambutan atas penandatanganan PKB antara PT Bank Permata dengan Serikat Pekerja Bank Permata (SPBP) di Gedung Permata, Jakarta, Selasa (3/3/2010).

Menurut Muhaimin, masih rendahnya angka penandatanganan PKB dikarenakan tingkat kesadaran perusahaan-perusahaan masih rendah. “Jadi, kita mengharap seluruh perusahaan melaksanakan perintah UU dengan membangun PKB,” imbau dia.

Secara berseloroh Muhaimin mengistilahkan PKB antara perusahaan dengan karyawan sebagai “perkawinan” dan dia mengaku senang jika banyak PKB yang dilakukan perusahaan di Tanah Air. Meskipun, saat terjadi ketidaksepahaman atau “perceraian”, pihaknya pula yang kena semprot serikat pekerja.

“Lebih enak jadi Menteri Agama dari pada Menteri Tenaga Kerja. Kalau cerai, di agama, ya cerai aja kan. Kalau di kita, kita ikut didemo. Ini pengalaman saya enam bulan jadi menteri,” canda Muhaimin disambut riuh tawa karyawan Bank Permata yang hadir.

“Kantor Menteri Perindustrian kan ada di sebelah kantor saya, mereka tanya, kok kantor saya sepi, nggak seramai (kantor) Pak Muhaimin?. Di Menakertrans, 3 kali dalam 1 minggu ada demo,” tambah dia.